Inilah Posisi Tempat Duduk di Pesawat yang Aman Agar Terhindar dari Penyakit

14 Agustus 2021 22:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Inilah Posisi Tempat Duduk di Pesawat yang Aman Agar Terhindar dari Penyakit (Pexels.com/Sourav Mishra)

JAKARTA - Salah satu hal penting yang perlu Anda pikirkan sebelum melakukan perjalanan menggunakan pesawat adalah memilih posisi tempat duduk yang tepat. Hal tersebut penting untuk dilakukan apalagi jika Anda memiliki kondisi tertentu.

Keputusan untuk memilih tempat duduk di pesawat tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sering melakukan peregangan selama penerbangan, Anda bisa memilih kursi yang dekat dengan lorong. 

Kursi tersebut dapat memberikan Anda ruang lebih banyak sehingga Anda bisa leluasa untuk melakukan peregangan selama di perjalanan.

Mengutip dari laman Reader's Digest, kursi terbaik di pesawat untuk terhindari dari penyakit menular adalah di sisi dekat jendela.

Udara yang disirkulasikan ulang e seluruh kabin memang bukan penyebab penyebaran penyakit di pesawat. Ternyata, kuman justru disebarkan oleh orang-orang yang bergerak di dalam pesawat. 

Dalam sebuah studi yang diterbitkan tahun 2018 dalam The Proceedings of the National Academy of Sciences, menyebutkan bahwa orang yang duduk di kursi dekat lorong mendapatkan kontak terbesar, dan yang terendah adalah yang di kursi dekat jendela.

Oleh karena itu, lain kali jika Anda ingin menghindari penyebaran penyakit, pesanlah tempat duduk dekat jendela. Jaga tubuh tetap terhidrasi dan hindari kafein sebelum melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Namun, ternyata ada kursi yang lebih baik daripada kursi di dekat jendela. Yaitu, kursi yang jauh dari orang lain apalagi yang sedang sakit seperti batuk atau bersin.  

Berita Terkait