Inilah Manfaat Tetap Aktif Berolahraga Meski Masih Pandemi

05 September 2021 01:24 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Inilah Manfaat Tetap Aktif Berolahraga Meski Masih Pandemi (Freepik.com)

JAKARTA - Sekitar dua tahun pandemi COVID-19 telah melanda seluruh dunia. Meski Anda dianjurkan untuk sebaiknya sering beraktivitas di rumah saja, tetap aktif secara fisik juga penting untuk Anda lakukan.

Hal ini karena aktif secara fisik selama wabah virus COVID-19 dapat menjaga kesehatan fisik sekaligus mental Anda. Aktivitas fisik seperti berolahraga dapat meningkatkan suasana hati, menjaga tingkat energi, serta mampu membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Setiap aktivitas fisik meskipun termasuk dalam gerakan olahraga yang ringan tetap baik untuk tubuh Anda. Anda bisa mencoba untuk jalan-jalan, jogging atau bersepeda, untuk menjernihkan pikiran dan menjaga tubuh tetap aktif.

Akan tetapi, Anda perlu mengingat untuk tetap mematuhi panduan jaga jarak dan protokol kesehatan agar kesehatan Anda juga tetap terjaga.

Mengapa menjaga tubuh tetap aktif merupakan hal yang penting saat pandemi COVID-19? Hal ini karena tubuh yang kurang aktif dapat menimbulkan risiko kesehatan, apalagi jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti berjalan naik turun tangga, bermain, berkebun, atau mengikuti kelas kebugaran secara virtual.  

Istirahat Sejenak

Jika Anda bekerja dari rumah yang membuat Anda harus duduk dalam waktu yang lama, cobalah untuk istirahat sebentar selama 30 menit. Cobalah untuk berdiri, lalu berjalan di sekitar rumah.

Anda juga bisa melakukan sesuatu yang tetap membuat tubuh Anda aktif seperti melakukan pekerjaan rumah tangga, berkebun, atau melakukan latihan kekuatan dan keseimbangan. Tidak masalah jenis kegiatan apa yang Anda lakukan, selama aktivitas itu adalah sesuatu yang Anda sukai dan membuat tubuh Anda tetap terus bergerak.

Jika Anda tidak sedang bergejala virus COVID-19 dan sudah divaksin, Anda bisa berjalan keluar rumah untuk beraktivitas, tentunya selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker. Anda juga bisa berjalan, jogging, atau bersepeda agar tubuh tetap aktif sekaligus membantu Anda mendapat udara segar dan sinar matahari yang cukup.

Jika Anda ingin melakukan aktivitas olahraga, sebaiknya jangan berbagi peralatan seperti tongkat atau bolah dengan orang lain. Gunakan milik Anda sendiri dan pastikan peralatan tersebut tetap terjaga kebersihannya.

Jika Anda pergi ke suatu tempat dan merasa tempat tersebut terlalu ramai, cobalah untuk berpindah ke tempat yang tidak terlalu ramai. Ingatlah untuk menjaga jarak fisik 2 meter dan ikuti panduan kebersihan yang ketat, seperti mencuci tangan segera setelah Anda kembali ke rumah.

Berita Terkait