Inilah Lima Drama Korea yang Masuk Top 10 Netflix Indonesia

09 Januari 2022 08:30 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Drakor The Silence Sea masuk dalam jajaran Top 10 Netflix Indonesia (Netflix)

JAKARTA – Pada Januari 2022, ada lima drama Korea yang bertengger di Top 10 Netflix Indonesia. Jalan cerita drama Korea tersebut kerap jadi perbincangan warganet di media sosial.

Berikut lima drama Korea yang masih ada di Top 10 Netflix, bisa jadi rekomendasi tontonan untuk habiskan akhir pekan di rumah.

1. Our Beloved Summer

Drama Korea (drakor) terbaru, Our Beloved Summer telah menayangkan episode pertamanya Senin (6/12/2021) pukul 22.00 KST, atau pukul 20.00 WIB di SBS.

Drama yang dibintangi Choi Woo Shik dan Kim Da Mi ini mengambil slot Senin dan Selasa yang bisa ditonton di platfrom streaming Netflix.

Drama Our Beloved Summer menghadirkan kisah komedi romantis yang mengisahkan dua mantan pasangan yang bertemu kembali setelah 10 tahun berpisah.

Keduanya tampak berbeda frekuensi. Choi Ung adalah orang yang bebas dan ia tak terlalu berambisi dalam meraih mimpinya.

Ia memegang prinsip menjalani hidup seperti air mengalir. Tentunya prinsip tersebut berbanding terbalik bagi orang yang ambisius seperti Kook Yeon Seo. Sebab, Kook Yeon Seo selalu ingin menjadi yang terbaik dan sempurna.

Keduanya benar-benar bebanding terbalik, Kook Yeon Seo menjadi siswa teladan di SMA. Ia selalu menduduki peringkat pertama di sekolahnya. Sementara Choi Ung mengaku dirinya sealalu berada di tingkat terakhir.

Dalam proses pembuatan dokumeter ini, Kook Yeon Seo dan Choi Ung bagaikan kucing dan tikus yang tak pernah akur.

Kook Yeon Seok selalu dinilai memiliki pribadi yang aneh bagi Choi Ung. Begitu pula Yeon Seok menanggap Choi Ung.

Hingga pada satu wawancara, Choi Ung dan Kook Yeon Seok mendapat pertanyaan bagaimana kehidupan 10 tahun kedepan.

Saat mereka duduk di bangku SMA, usia keduanya masih 19 tahun. Yeon Seok sangat ingin menjadi seorang pemimpin yang sukses. Wajar saja sebagai seorang siswa memiliki impian tinggi ketika belum menghadapi realita sesungguhnya.

Lantas bagaimana kehidupan Kook Yeon Seok kedepannya? Akankah ia lebih sukses dibanding Choi Ung?

 

2. The Silent Sea

Drama Korea ini terinspirasi dari film pendek karya sutradara Choi Hang Yong tahun 2014 berjudul The Sea of Tranquility.

The Silent Sea bercerita tentang sekelompok astronot yang menjalankan misi di Bulan. Para astronot menjalankan misi di Stasiun Penelitian Bulan Balhae yang terbengkalai di Bulan. Latar waktu drakor itu adalah masa depan, jauh di mana Bumi telah mengalami penggurunan.

Han Yoon Jae (Gong Yoo) memimpin tim eksplorasi ruang angkasa untuk mengamankan sampel dari stasiun ruang angkasa, yang mungkin memegang kunci untuk kelangsungan hidup Bumi.

Film thriller misteri sci-fi ini dibintangi aktris Korea Selatan Bae Doo Na sebagai ahli astrobiologi yang mencoba mengungkap kebenaran di balik kecelakaan yang terjadi di fasilitas penelitian yang ditinggalkan di bulan.

Berlatar belakang di masa depan, cerita terjadi ketika Bumi telah mengalami "penggurunan". Seri Netflix asli ditulis oleh Park Eun Kyo, yang juga menulis film thriller Korea Selatan tahun 2009 Mother dari Bong Joon Ho.

3. The Devil Judge

Cerita drama Korea (drakor) The Devil Judge memang cukup menarik diikuti hingga akhir episode.

Namun, akhir dari The Devil Judge sepertinya memberi pertanyaan dibenak penonton terkait season 2.

Drama yang dibintangi oleh Ji Sung, Jinyoung GOT7 dan Kim Min Jung ini mengakhiri episodenya memperoleh rating tertinggi selama penayangannya.

Drakor tersebut menceritakan tentang hukum yang berkeadilan dan berpihak pada rakyat. Sosok Kang Yo Han yang merupakan hakim ketua pengadilan berusaha untuk memburu penjahat yang berkeliaran di luar sana.

Kang Yo Han dikenal sebagai hakim iblis yang memakai topeng hukum dan berusaha menghukum orang-orang yang tamak akan kekuasaan.

Kala itu, politik Korea pada sedang mengalami krisis besar, para petinggi mati-matian berusaha memanipulasi segalanya demi mendapatkan keuntungan untuk kantongnya sendiri.

Setelah Korea cheos dan dipimpin oleh Heo Joong Se, Korea menjadi negara yang otoriter. Pemerintahan semakin chaos, pihak yayasan saling menusuk dari belakang demi mendapatkan kursi tertinggi. 

Wah, kira-kira, bagaimana ceritanya jika The Devil Judge dibuat season kedua?

4. Bulgasal

Drama Korea Bulgasal ini memiliki cerita yang cukup unik. Di mana, para penonton diajak mengikuti perjalanan hidup Dan Hwal (Lee Jin Wook) dan Min Sang Won (Kwon Na Ra).

Keduanya pun mengalami reinkarnasi selama 600 tahun. Diceritakan Min Sang Won telah hidup melalui beberapa reinkarnasi selama 600 tahun. Meski udah berkali-kali reinkarnasi, Min Sang Won tetap masih mengingat semua kehidupan masa lalunya.

Dikehidupannya yang sekarang ia bertemu dengan pria yang telah hidup abadi selama 600 tahun sebagai bulgasal.

Bulgasal merupakan makhluk mitos yang memakan darah manusia. Ia dikutuk dengan keabadian. Dan Hwal dulunya adalah manusia 600 tahun yang lalu. Namun, ia berubah menjadi bulgasal selama dinasti Joseon saat bekerja sebagai pejabat militer dan menyelesaikan misi untuk menghapus sisa-sisa dinasti sebelumnya.

Sementara, Min Sang Un, yang pernah menjadi bulgasal tetapi bereinkarnasi sebagai manusia.

5. Hometown Cha-Cha-Cha

Meski sudah lama berakhir, Drama Korea (drakor) Hometown Cha-Cha-Cha masih membuat para penontonnya susah move on.

Drama yang dibintangi oleh Kim Seon Ho dan Shin Min A ini memiliki jalan cerita yang ringan. Bisa dibilang drakor Hometown Cha-Cha-Cha ini menjadi serial healing bagi penontonnya.

Kesuksesan Hometown Cha-Cha-Cha mencatat sejarah baru menyusul popularitas Squid Game yang berada di puncak peringat selama lebih dari satu pekan.

Meskipun mungkin tidak merebut tahta dalam daftar acara TV yang paling banyak ditonton di Netflix, komedi romantis telah membuat sejarah dengan masuk 10 besar.

Menurut platform analitik streaming, FlixPatrol, drakor Hometown Cha-Cha-Cha berada di peringkat kesembilan dalam daftar 10 teratas harian pada hari Jumat (1/10/2021).

Drakor Hometown Cha-Cha-Cha menjadi salah satu dari 10 serial Netflix terpopuler dari 20 negara, termasuk Australia, Mesir, India, Indonesia, Jepang, dan Qatar. (*)

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Ties pada 08 Jan 2022 

Berita Terkait