Inilah Hal Pertama yang Harus Dilakukan Saat Anda Positif COVID-19 Tanpa Gejala

21 Juli 2021 16:04 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Inilah hal pertama yang harus dilakukan saat Anda positif COVID-19 tanpa gejala

JAKARTA - Pandemi COVID-19 yang telah mewabah sejak awal tahun 2020 lalu, tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda hingga saat ini.

Bahkan, kasus positif COVID-19 di Indonesia justru semakin naik. Seseorang yang sebelumnya tampak sehat, ternyata ada juga yang sudah terpapar COVID-19.

Kondisi seseorang usai terpapar COVID-19 memiliki perbedaan kondisi. Ada yang tidak menunjukkan gejala apapun, yang dikenal sebagai orang tanpa gejala (OTG). Ada juga seseorang yang positif, dengan diiringi gejala penyakit ringan, seperti batuk, lemas tetapi tidak mengalami sesak napas.

Akan tetapi, ada juga yang positif COVID-19 dan mengalami gejala berat, seperti demam tinggi (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius), mengalami sesak napas, dan tidak dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Jika Anda menerima hasil positif saat tes COVID-19, namun tidak menunjukkan gejala apapun, mungkin Anda akan terkejut saat mengetahuinya.

Hal ini karena kemungkinan Anda tidak menyadari atau merasakan gejala apapun usai terpapar virus COVID-19.

Hal tersebut juga menjadi pertanda, bahwa kondisi kekebalan tubuh Anda dapat dikatakan cukup kuat dalam melawan virus COVID-19.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari panik, dan jangan terburu-buru pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri.

Sebaiknya, laporlah ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat Anda, sehingga pihak puskesmas bisa melakukan tracing kepada orang-orang terdekat (Kontak Erat).

Anda juga sekaligus dapat berkonsultasi mengenai kondisi Anda, pengobatan apa saja yang bisa Anda dapatkan, serta bantuan logistik untuk isolasi mandiri yang dapat didapatkan.

Setelah itu, Anda segera lakukan isolasi diri di rumah selama 14 hari. Tetaplah tinggal di rumah dan jangan bepergian.

Hal tersebut perlu dilakukan agar orang lain tidak tertular COVID-19.

Saat isolasi di rumah, tetap terapkan protokol kesehatan, yaitu mengenakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan.

Hal tersebut harus dilakukan agar Anda tidak menularkan virus COVID-19 kepada orang terdekat yang serumah dengan Anda.

Selain itu, gunakan kamar terpisah, dan peralatan makan yang berbeda.

Lakukan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari dan istirahat yang cukup.

Berita Terkait