Inilah Hal-hal yang Harus Dilakukan Saat Membeli Rumah Baru

05 Agustus 2021 00:03 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

Inilah Hal-hal yang Harus Dilakukan Saat Membeli Rumah Baru

JAKARTA - Saat ingin membeli rumah, Anda harus siap bekerja keras untuk mengetahui segala sesuatu tentang properti atau rumah. Tak hanya itu, membeli rumah juga merupakan hal yang serius yang kadang memerlukan pinjaman yang diikuti angsuran terlebih dahulu.

Agar tidak menyesal di kemudian hari, simak tips berikut sebelum membeli rumah.

1. Bandingkan Harga Properti
Harga properti memainkan peran penting dalam keputusan pembelian, karena harga properti secara langsung memengaruhi keuangan Anda dalam jangka panjang.

Setelah Anda mengetahui harga properti, bandingkan dengan jumlah properti lain di sekitarnya untuk mendapatkan gambaran apakah developer telah menawarkan penawaran harga yang sebenarnya. Anda juga bisa menggunakan berbagai portal online yang membuat Anda bisa membandingkan harga properti satu dengan properti lainnya.

2. Cek Lokasi, Fasilitas, dan Kenyamanan
Cari properti di lokasi di mana Anda bisa memaksimalkan kreativitas dan sisi positif Anda, pemeliharaan gaya hidup, dan kemudahan untuk mendapatkan fasilitas umum. Faktor-faktor sederhana namun penting ini akan membantu Anda memiliki kehidupan yang damai di rumah. Rumah juga harus berada di tempat yang aman dan terjamin.

3. Periksa Legalitas Properti
Pastikan properti tersebut memiliki izin secara hukum untuk dibangun di atas plot tempat ia berdiri. Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan penelitian menyeluruh tentang penjual atau pengembang tempat Anda akan membeli properti, untuk menghindari komplikasi di masa mendatang.

4. Fasilitas Tambahan
Setelah Anda selesai dengan memeriksa hal-hal di atas, cari fasilitas dan insentif lain saat membeli rumah baru. Salah satu yang paling jelas adalah diskon yang ditawarkan oleh pengembang dan agen penjual. 

Berita Terkait