Inilah Alasan Rahasia Mengapa Supermarket Tidak Memiliki Jendela

31 Oktober 2021 11:13 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Inilah Alasan Rahasia Mengapa Supermarket Tidak Memiliki Jendela (Foto: Freepik.com/mrsiraphol)

JAKARTA - Saat berbelanja di supermarket, Anda mungkin akan memperhatikan bahwa supermarket seiring kali tidak memiliki jendela. Selain itu, jika ada jendela di supermarket biasanya cuma ada di bagian depan toko saja.

Mungkin hal ini terkesan biasa saja bagi Anda. Ternyata, ada fungsi dan alasan rahasia khusus mengapa supermarket tidak memiliki jendela.

Bukan suatu kebetulan kalau toko atau supermarket memiliki jendela yang minim. Salah satu alasannya adalah agar para pengunjung betah dan semakin lama berada di dalam supermarket.

Seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest, seorang pakar belanja yang mempelajari perilaku belanja dan psikologi bernama Andrei Vasilescu menyebutkan bahwa supermarket atau toko ingin menciptakan suatu lingkungan yang terpisah di dalam toko mereka. Hal ini agar aktivitas belanja Anda tidak akan terganggu oleh hujan, sinar matahari, atau fakta bahwa anak-anak Anda sedang menunggu di tempat parkir.

Hal ini dilakukan agar Anda fokus pada pengalaman berbelanja yang nyaman dan menyenangkan. Selain itu, teknik ini juga dapat mencegah pembeli menyadari bahwa hari sudah mulai gelap.

Tak hanya itu saja, supermarket tidak memiliki banyak jendela untuk menghindari sinar matahari masuk ke dalam toko. Hal ini untuk membantu mencegah kerusakan beberapa produk yang bisa rusak lebih cepat di bawah sinar matahari langsung.

Terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat membuat label kemasan produk mudah memudar. Memiliki jendela di supermarket juga akan mengurangi ruang yang tersedia bagi toko untuk memamerkan produk.

Menurut seorang arsitek yang ahli dalam desain ritel, Margine Biswas, dinding eksterior pada supermarket memiliki penopang struktural yang kuat sehingga dapat menahan barang yang lebih berat di rak dinding tersebut. Selain itu, jendela juga dapat memicu masalah keamanan, sehingga para penjual mungkin ingin meminimalkan sebanyak mungkin titik masuk ke dalam ruangan mereka.

Berita Terkait