Inilah Alasan Mengapa Sebagian Besar Pesawat Komersial Harus Dicat Warna Putih

08 Agustus 2021 22:02 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Inilah Alasan Mengapa Sebagian Besar Pesawat Komersial Harus Dicat Warna Putih

JAKARTA - Pesawat komersial dicat warna putih mungkin sering Anda lihat. Akan tetapi, mungkin Anda tidak akan bertanya, mengapa pesawat komersial harus dicat warna putih.

Ternyata, pemilihan warna putih sebagai warna pesawat tidak berdasarkan alasan yang sembarangan. Mengutip dari laman Reader's Digest, alasan utama mengapa pesawat komersial dicat warna putih adalah untuk mejaga agar pesawat tetap dingin.

Pesawat yang lebih dingin membuat peralatan atau mesin bertahan lebih lama, sehingga lebih menghemat uang untuk maskapai penerbangan.

Selain itu, cat warna putih pada pesawat juga membantu para teknisi untuk bisa melihat retakan dan kerusakan jadi lebih mudah. Oleh karena itu, hal ini juga membantu pekerjaan para teknisi.

Tak hanya itu saja, pesawat yang dicat warna putih juga jauh lebih mudah dikenali jika harus melakukan pendaratan darurat baik di darat maupun laut. Warna putih dapat memantulkan cahaya matahari, jadi akan tampak lebih cerah dan mencolok sehingga lebih mudah terlihat saat terjadi kecelakaan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Human-Wildlife Interactions juga menemukan manfaat cat warna putih di pesawat dengan interaksinya terhadap burung yang sedang terbang. Temuan tersebut menunjukkan bahwa badan pesawat yang dicat warna putih akan lebih terlihat mencolok di langit dari perspektif sistem visual burung.

Oleh karena itu, pesawat yang dicat warna putih akan membuat pesawat lebih aman dan nyaman dan terhindar dari tabrakan dengan burung.

Berita Terkait