Inilah Alasan Mengapa Anda Selalu Lelah dan Cara Mengatasinya

01 Agustus 2021 23:42 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Inilah Alasan Mengapa Anda Selalu Lelah dan Cara Mengatasinya

JAKARTA - Merasa lelah merupakan suatu gangguan yang umum terjadi pada banyak orang. Akan tetapi, kelelahan merupakan gejala umum dari beberapa kondisi dan penyakit serius.

Kelelahan juga pada umumnya disebabkan karena gaya hidup. Untungnya, kelelahan merupakan suatu gangguan kesehatan yang paling mudah untuk diperbaiki.

Oleh karena itu, simak penyebab mengapa Anda selalu lelah dan cara mengatasinya.

Mengonsumsi Karbohidrat Terlalu Banyak
Karbohidrat merupakan sumber energi yang cepat. Saat Anda mengonsumsinya, tubuh Anda dapat memecahnya menjadi gula yang langsung dapat digunakan untuk bahan bakar.

Akan tetapi, makan terlalu banyak karbohidrat olahan justru bisa menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang hari.

Ketika gula dan karbohidrat olahan dikonsumsi, mereka menyebabkan peningkatan gula darah Anda dengan cepat. Hal ini menandakan pankreas Anda menghasilkan sejumlah besar insulin untuk mengeluarkan gula dari darah dan masuk ke sel Anda.

Lonjakan kadar gula darah ini dan penurunan berikutnya dapat membuat Anda merasa lelah.

Oleh karena itu, untuk menjaga tingkat energi Anda tetap stabil, gantilah gula dan karbohidrat olahan dengan makanan untuk yang kaya serat seperti sayuran dan kacang-kacangan.

Menjalani Gaya Hidup Sedentary
Gaya hidup sedentary atau tidak aktif bisa menjadi akar penyebab rendahnya energi Anda. Tetapi banyak orang mengatakan mereka justru terlalu lelah untuk berolahraga.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan tingkat energi Anda, cobalah untuk menerapkan gaya hidup yang lebih efektif. Misalnya, memilih berdiri daripada duduk bila memungkinkan, naik tangga daripada menggunakan lift, dan berjalan kaki daripada mengemudi jarak pendek.

Kurang Tidur
Kurang tidur merupakan salah satu penyebab kelelahan yang paling sering terjadi. Tubuh Anda melakukan banyak hal saat Anda tidur, termasuk menyimpan memori dan melepaskan hormon yang mengatur metabolisme dan tingkat energi Anda.

Oleh karena itu, penting untuk tidur dengan nyenyak dan menjaga rutinitas tidur yang teratur untuk mencegah kelelahan.

Tidak Mendapatkan Protein yang Cukup
Asupan protein yang tidak memadai dapat berkontribusi pada kelelahan Anda. Selain membantu menurunkan berat badan, hal ini juga dapat membantu Anda mencegah kelelahan.

Tidak Cukup Minum Air
Tetap terhidrasi penting untuk menjaga tingkat energi dengan baik. Hal ini karena banyak reaksi biokimia yang terjadi dalam tubuh mengakibatkan hilangnya air sehingga perlu untuk diganti.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat menyebabkan tingkat energi yang lebih rendah dan penurunan kemampuan untuk berkonsentrasi.

Oleh karena itu, pastikan untuk minum air putih dengan cukup untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh.

Berita Terkait