Inilah 5 Situs Jual-Beli Emas Online Aman dan Terpercaya

August 07, 2020, 09:19 AM UTC

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Karyawan menunjukkan logam mulia di Butik Emas Antam, Jakarta, Kamis, 23 Juli 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Investasi emas saat ini sedang diminati masyarakat pada saat terpaan krisis akibat pandemi. Melemahnya suku bunga serta merosotnya nilai Dollar AS menjadikan emas sebagai pilihan investasi yang aman di tengah kondisi tidak pasti.

Harga emas dunia juga melambung ke level tertingginya selama sembilan tahun terakhir. Sedangkan, harga emas dalam negeri telah tembus lebih dari Rp1 juta per gram-nya.

Harga emas Antam pada Jumat, 7 Agustus 2020 terpantau berada di kisaran Rp1.054.000/gram. Melihat hal tersebut, investasi emas secara digital menjadi perhatian masyarakat terutama bagi yang memiliki dana terbatas.

Membeli emas juga bisa dilakukan dengan sistem online, dan berikut lima tempat yang aman untuk membeli logam mulia tersebut tanpa harus menyentuhnya secara fisik.

Pegadaian

Melalui aplikasi bernama Pegadaian Digital yang diluncurkan sejak April 2018, PT Pegadaian (Persero) memberikan akses kepada masyarakat tentang informasi produk perusahaan. Salah satunya adalah tabungan emas.

Untuk calon nasabah yang ingin membuka tabungan emas bisa mendaftar melalui aplikasi tersebut yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Calon nasabah wajib mengisi formulir serta dokumen penting lain sebelum mulai melakukan investasi.

Tokopedia

Layanan Tokopedia Emas telah hadir pada awal tahun 2019 lalu. Dengan menggandeng PT Pegadaian (Persero), Tokopedia memungkinkan penggunanya untuk menabung emas mulai dari Rp500 saja.

Nantinya setiap gram emas yang dibeli melalui aplikasi ini akan dikonversi menjadi bentuk fisik. Emas batangan itu akan dititipkan di Pegadaian. Jadi meskipun pengguna melakukan transaksi secara online, tapi emas secara fisiknya benar-benar ada.

Bukalapak

Jauh sebelum rivalnya mengeluarkan layanan tabungan emas, Bukalapak terlebih dahulu meluncurkan fitur BukaEmas. Dengan layanan ini, para pengguna Bukalapak dapat mulai berinvestasi emas mulai dari 0,0001 gram.

Bukalapak menggandeng IndoGold dalam menyediakan layanan ini dimana fisik emas didapatkan dari Antam dan telah bersertifikat sehingga dipastikan aman. Selain itu, emas fisik dapat diambil oleh pengguna setelah akumulasi tabungan emas senilai 1 gram emas.

Orori

Orori sebenarnya merupakan situs penjualan perhiasan. Namun platform ini juga menyediakan layanan jual-beli emas secara online dan melakukan kerja sama dengan Antam.

Transaksi bisa dilakukan melaui situs resmi Orori atau melalui aplikasi  yang tersedia di Google Play Store. Selain itu, Orori juga memasarkan produk layanannya melalui beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan Blibli.com.

Tamasia

Bagi yang ingin melukan transaksi jual-beli emas secara syariah, mungkin Tamasia platform yang cocok untuk digunakan. Melalui Tamasia, pengguna menyediakan opsi mulai dari 3 hingga 24 bulan dengan pilihan berat emas mulai dari 1 hingga 100 gram. Emas yang dibeli pengguna juga akan disimpan dan diasuransikan di Antam.