Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Baru Saja Gajian

31 Juli 2021 16:02 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Baru Saja Gajian

JAKARTA - Akhir bulan seperti ini pasti ada yang sedang berbahagia karena baru saja mendapatkan gajian. Meski terasa menyenangkan tiba-tiba mendapatkan uang hasil kerja keras selama sebulan, Anda juga tetap harus disiplin mengelolanya.

Hidup Anda akan menjadi jauh lebih mudah jika memiliki keterampilan keuangan. Salah satu langkah utama yang perlu diingat adalah bahwa hanya karena uangnya ada di tangan, hal tersebut tidak berarti Anda dapat melakukan pembelian dengan seenaknya.

Anda juga harus mempertimbangkan tagihan dan pengeluaran yang harus Anda bayar sebelum hari gajian berikutnya. Jika Anda tidak menerapkan langkah-langkah yang tepat untuk mengatur dan mempelajari cara-cara pengelolaan uang yang lebih baik, Anda akan merasa seperti berenang melawan arus.

Berikut 5 hal yang harus Anda lakukan setelah gajian agar keuanganmu tetap terjaga, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Rencanakan Anggaran
Poin ini adalah langkah pertama untuk mengendalikan keuangan. Membuat dan berpegang teguh pada anggaran mungkin tampak sedikit sulit untuk dilakukan pada awalnya, tetapi pada akhirnya Anda tetap akan mendapatkan hasilnya. Tindakan penganggaran membantu kita melihat situasi keuangan kita dengan transparansi penuh, dan ini sangat penting untuk mengelola uang dengan cara yang lebih baik.

Pahami Pengeluaran Anda dan Prioritaskan
Catat semua pengeluaran Anda selama satu bulan. Simpan semua tanda terima seperti bon atau tagihan restoran, serta telusuri laporan mutasi bank Anda dan tambahkan semua pengeluaran Anda pada hari gajian. Jangan lupa, catat juga pengeluaran yang menggunakan uang tunai dan kartu kredit.

Bayar Utang dan Tagihan
Setelah mendapat gaji atau upah bulanan, sebaiknya Anda segera membayar utang dan tagihan yang Anda miliki.

Buat Dana Darurat
Mengingat kita menjalani kehidupan pandemi di tahun 2020, apa pun bisa terjadi kapan saja, dan ada baiknya untuk bersiap-siap. Dana darurat adalah bagian penting dari rencana keuangan pribadi yang baik.

Anda juga tidak boleh menyentuh atau mengambil uang dari dana darurat tersebut. Jika Anda kehilangan pekerjaan atau ada keperluan mendadak, Anda bisa memanfaatkan dana darurat tersebut.

Memotong Biaya yang Tidak Perlu
Apakah Anda sering membeli kopi di kafe? Cobalah kalikan harga kopi dengan seberapa sering Anda membelinya. Padahal, kopi sendiri bukan merupakan hal yang urgent untuk hidup, berbeda dengan makanan pokok yang harus kita konsumsi setiap hari. Jika Anda penggemar kopi, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat kopi sendiri di rumah, agar bisa lebih hemat.

Berita Terkait