Inilah 4 Senjata Produksi Pindad yang Paling Mendunia

10 Juni 2022 06:02 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Fakhri Rezy

Senjata-senjata buatan PT Pindad (Pindad)

JAKARTA- PT Pindad (Persero) memiliki beberapa senjata yang paling diminati di kancah dunia.

Menurut data di laman resmi per 9 Juni 2022, ada 41 produk senjata yang diproduksi Pindad dengan mencakup berbagai jenis, di antaranya senapan, senapan penembak runduk (sniper), senapan mesin, mortir, pelontar granat, pistol, shotgun dan submachine gun.

Dari sekian senjata yang diproduksi, setidaknya ada empat alat utama sistem senjata (alutsista) Pindad yang menarik perhatian dunia, yakni sebagai berikut:

1. G2 Premium kal. 9 mm

Pistol G2 Premium kal. 9 mm produksi PT Pindad (Persero). Sumber: pindad.com

G2 Premium adalah pistol semi-otomatis dengan kapasitas 15 peluru dan desain serta bingkainya merupakan pengembangan dari varian G2 lainnya.

Pembaruan pada versi G2 yang menghasilkan varian Premium ini dilandasi oleh testimoni dari para pengguna yang telah menggunakan varian G2 Combat dan Elite.

Senjata yang memiliki jarak tembak efektif sampai 25 meter ini diminati oleh negara Laos yang menganggap bahwa kualitas yang dijanjikan senjata ini sudah cukup teruji.

2. G2 Elite kal. 9 mm

Pistol G2 Elite kal. 9 mm produksi PT Pindad (Persero). Sumber: pindad.com

Sama seperti G2 Premium, varian Elite pun memiliki magazine yang mampu menampung 15 butir peluru. Pistol ini dijanjikan memiliki akurasi yang tidak dapat diragukan.

G2 Elite memiliki jangkauan efektif hingga 25 meter dan sudah banyak digunakan di wilayah Timur Tengah. Pindad pun sempat mengumumkan kerja sama dengan Bhukhanvala Industries pada tahun 2018 untuk ekspor G2 Elite ke India.

3. SPR-2 kal. 12.7 mm

Sniper SPR-2 kal. 12,7 mm produksi PT Pindad (Persero).  Sumber: pindad.com

Sniper SPR-2 adalah senapan anti-material yang pelurunya mampu menembus lapisan baja setebal 10 mm dari jarak tembak 2 km. Peluru senjata ini berukuran besar hingga magazine-nya hanya mampu menampung lima peluru.

Selain itu, senjata ini mampu menembakkan peluru dengan kecepatan sampai 900 meter/detik sehingga target dalam jarak efektif 2 km dapat dikenai dalam waktu kurang dari 3 detik.

SPR-2 sudah banyak digunakan oleh pasukan elit dunia seperti Black Arrow (Britania Raya), Hecate II (Prancis), dan Truvelo (Afrika Selatan).

4. SS2-V4 kal. 5,56 mm

Senapan SS2-V4 produksi PT Pindad (Persero).  Sumber: pindad.com

Senapan versi SS2 melahirkan banyak varian seperti SS2-V7 subsonic, SS2-V5, SS2-V4-HB, SS2-V2, SS2-V1, SS2-V5, SS2-V1 HB, SS2-V2 HB, dan SS2-V4.

Senjata ini memenangkan kompetisi menembak di acara Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) dan Asean Armies Rifle Meet (AARM) sebanyak 11 kali.

SS2-V4 dilengkapi dengan teropong ACOG yang membuat presisi tembakan senjata ini menjadi cukup baik.

SS2-V4 diminati di negara-negara Afrika seperti Zimbabwe, Mozambik, dan Nigeria. Seri SS2 secara keseluruhan pun diminati di kawasan Asia Tenggara dan Asia Tengah. 

Berita Terkait