Inilah10 Danau Terdalam di Dunia

19 September 2022 22:50 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

(null)

JAKARTA-Ketika  memikirkan perairan yang menakjubkan, kita biasanya memikirkan lautan. Tetapi dunia juga penuh dengan danau yang benar-benar spektakuler, termasuk beberapa danau yang sangat dalam.

Ada yang satu terkubur di bawah es hingga  ada yang  memiliki mitos harta karun. Berikut daftar 20 danau terdalam di planet bumi sebagaimana dikutip dari Popular Mechanics.

Danau Baikal/Popular Mechanicss

1. Danau Baikal (5.387 kaki/1.641 meter)

Danau Baikal Siberia adalah danau terdalam di dunia, serta badan air tawar terbesar di planet ini. Danau ini memiliki  lebih banyak air tawar daripada gabungan kelima Danau Besar Amerika Utara. 

Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, Danau Baikal adalah danau retakan, yang berarti terbentuk di mana dua lempeng benua terpisah.

 Baikal adalah rumah bagi ribuan spesies hewan dan tumbuhan, termasuk anjing laut Baikal. Anjing  laut tanpa telinga dan satu-satunya yang hidup eksklusif di air tawar.

Danau Tanganyika/Popular Mechanicss

2. Danau Tanganyika (4.823 kaki/1470 meter)

Dibagi di antara Tanzania, Burundi, Zambia, dan Republik Demokratik Kongo, Danau Tanganyika adalah salah satu Danau Besar Afrika.  

Tanganyika adalah rumah bagi sejumlah besar spesies ikan endemik dan menyediakan makanan bagi lebih dari 10 juta orang yang menyebut wilayah itu sebagai rumah.

Laut Kaspia/Popular Mechanicss

3.Laut Kaspia (3.363 kaki/1.025 meter)

Fakta sebenarnya Laut Kaspia  adalah sebuah danau dan  yang ketiga terdalam di dunia pada saat itu. Berbatasan dengan Iran, Rusia, Turkmenistan, Kazakhstan, dan Azerbaijan, 

Laut Kaspia adalah badan air tertutup terbesar di Bumi dan rumah bagi banyak spesies endemik, seperti tiga laut Kaspia, penyu Kaspia, dan anjing laut Kaspia. Tapi makhluk laut yang paling menonjol mungkin adalah beluga sturgeon. Ikan  bertulang besar yang bisa tumbuh sepanjang 24 kaki dan berat hingga 3.500 pon.

Laut Kaspia dialiri oleh Sungai Volga  yang terpanjang di Eropa. Karena limpasan dan polusi di sungai telah berkembang biak, kesehatan danau telah menurun.

Danau Vostok

4. Danau Vostok (3.300 kaki/1.005 meter)

Terletak di Antartika, Danau Vostok adalah satu-satunya danau di daftar ini yang terkubur di bawah lebih dari dua mil es. Danau subglasial terbesar yang diketahui di dunia. Para ilmuwan baru  mengkonfirmasi keberadaan Vostok pada tahun 1996, menggunakan radar penembus es. Bertahun-tahun sejak itu, para peneliti akhirnya mengebor sampai ke permukaan danau untuk mengumpulkan sampel air dan menemukan bahwa di dalamnya terdapat berbagai kehidupan mikroskopis.

Danau Viedma/Popular Mechanicss

5. Danau Viedma (3.000 kaki/914 meter)

Baru pada awal tahun  2022 ini para ilmuwan akhirnya dapat mengukur bagian terdalam dari Danau Viedma, yang terletak di perbatasan Chili dan Argentina. 

Danau ini dinamai dengan penjelajah Spanyol Antonio de Viedma. Orang  Eropa pertama yang melihatnya pada tahun 1783.

Danau O'Higgins / San Martin/Popular Mechanicss

6. Danau O'Higgins / San Martin (2.742 kaki/835 meter)

Argentina dan Chili berbagi danau ini, meskipun masing-masing negara menyebutnya dengan nama yang berbeda. Kedua belah pihak memberi nama dengan  pahlawan pembebasan negara itu. Danau ini berbentuk seperti laba-laba dengan delapan lengan dan terkenal dengan rona biru susu. Warna ini didapatnya dari konsentrasi tinggi tepung batu—partikel kecil sedimen—tersuspensi di perairannya.

Danau Malawi/Popular Mechanicss

7.  Danau Malawi (2.316 kaki/705 meter)

Danau Besar Afrika lainnya, Danau Malawi milik Malawi, Mozambik, dan Tanzania. Malawi adalah danau meromictic, artinya memiliki lapisan yang tidak pernah bercampur, menciptakan pita air dengan dengan salinitas, suhu, dan tingkat oksigen yang berbeda. 

Berkat ekosistem yang sangat berbeda ini, Danau Malawi adalah rumah bagi sejumlah besar spesies ikan. Lebih  dari 15 persen dari semua ikan air tawar di Bumi ada di tempat ini.

Danau Ysyk/Popular Mechanicss

8. Danau Ysyk (2.192 kaki/668 meter)

Terletak di pegunungan Tien Shan di Kirgistan, Danau Ysyk dikenal secara lokal sebagai Issyk-Kul, yang berarti "danau hangat". Julukan ini diberikan  karena meskipun berada di ketinggian danau  tidak pernah membeku. 

Danau Ysyk adalah perhentian penting di Jalur Sutra dan sisa-sisa permukiman abad pertengahan telah ditemukan ketika permukaan air rendah. 

Sejarah Ysyk yang penuh warna dan kedalamannya yang luar biasa telah mengilhami ekspedisi banyak pemburu harta karun. Semuanya  berharap menemukan "Atlantik Kirgistan", reruntuhan mitos yang dikabarkan terletak di bagian terdalam danau.

Great Slave Slake/Popular Mechanicss

9. Great Slave Lake  (2.015 kaki/614 meter)

Kadang-kadang disebut sebagai Slavey, Great Slave Lake berada di Kanada  tepatnya di tepi Yellowknife, ibu kota Northwest Territories. Selama musim dingin yang panjang dan dingin di kawasan itu, Great Slave Lake membeku dan menjadi jalan es menghubungkan komunitas yang biasanya dipisahkan oleh air. Namun, perubahan iklim telah menyebabkan pencairan dini dan tidak terduga menciptakan kondisi berbahaya bagi pengendara.

Crater Lake/Popular Mechanicss

10.  Crater Lake  (1.949 kaki/594 meter)

Crater Lake atau  Danau Kawah Oregon terbentuk 7.500 tahun yang lalu setelah ledakan vulkanik menciptakan kaldera sedalam 0,7 mil. Saat ini, Danau Kawah adalah taman nasional dan populer di kalangan pengunjung karena airnya yang sangat jernih, hasil hujan dan salju yang mengisi danau. 

Pada akhir 80-an, para peneliti menjelajahi kedalaman Danau Kawah dengan kapal selam satu orang. Eskpedisi  menemukan cacing, serangga, dan krustasea yang telah berevolusi untuk mentolerir tekanan ekstrem.

Berita Terkait