Ini Syarat Naik KRL Commuterline Jabodetabek Selama PPKM

16 Agustus 2021 04:01 WIB

Penulis: Laila Ramdhini

Editor: Laila Ramdhini

Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) melintas di kawasan stasiun Duren Kalibata, Jakarta Selatan, Senin, 28 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA - PT KAI Commuter menyatakan, selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), KRL Commuterline termasuk Jabodetabek hanya melayani pengguna di sektor esensial, kritikal, dan industri yang diiziinkan buka kembali. Termasuk masyarakat dengan kebutuhan mendesak sesuai aturan dari pemerintah.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan KAI juga masih menerapkan syarat untuk penumpang yang bepergian menggunakan KRL Commuterline. Penumpang KRL Commuterline wajib menunjukkan syarat dokumen perjalanan yaitu salah satu dari:

1.STRP atau surat keterangan dari pemerintah daerah setempat, atau
2.Surat tugas dari pimpinan perusahaan maupun instansi pemerintahan tempatnya bekerja.
3.Untuk pengguna dengan kebutuhan mendesak (keperluan medis/pengobatan, persalinan, duka cita, vaksinasi) juga wajib menunjukkan dokumen atau surat keterangan yang sesuai.

"Aturan tersebut masih berlaku sesuai SE Kemenhub Nomor 58, yang salah satunya mengatur tentang syarat perjalanan untuk kereta lokal, kereta komuter dan kereta perkotaan," ujar Anne, dalam keterangan resmi, Minggu, 15 Agustus 2021.

Sementara itu, Anne mengatakan KAI Commuter terus mendukung program pemerintah untuk mempercepat vaksinasi bagi pengguna KRL dan warga di sekitar Stasiun. Sejak 25 Juli lebih dari 8.000 orang telah mengikuti program vaksinasi yang berlangsung sejumlah stasiun KRL.

Tercatat ada delapan stasiun yang telah menggelar layanan vaksinasi yaitu Stasiun Duri, Stasiun Angke, Stasiun Kalideres, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Maja, Stasiun Cikarang, Stasiun Lenteng Agung, dan Stasiun Jakarta Kota.

Pada Senin, 16 Agustus 2021, program vaksinasi juga masih berlangsung di Stasiun Cikarang dan Stasiun Duri. Untuk mengikuti program vaksinasi di stasiun, para pengguna dapat melakukan pendaftaran melalui situs vaksinasi.krl.co.id . Program ini masih akan berlanjut dalam pekan-pekan mendatang dan akan ada tambahan jumlah stasiun yang melaksanakan vaksinasi.

Lebih lanjut, KAI Commuter kembali menghimbau para pengguna untuk senantiasa mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di stasiun dan KRL untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Protokol kesehatan tersebut antara lain menggunakan masker ganda, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, serta menjaga jarak aman antar pengguna. Protokol kesehatan dan aturan tersebut berlaku untuk layanan KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta Solo, maupun Kereta Prambanan Ekspres. 

Berita Terkait