Ini Penjelasan Tentang ALS, Penyakit Saraf yang Menyerang Stephen Hillenburg

TrenAsia (TA) - JAKARTA– Stephen Hillenburg, animator SpongeBob Squarepants meninggal dunia di usia 57 tahun pada Senn (26/11). Namun, kabar tentang meninggalnya pencipta serial Spongebob tersebut baru disebarkan oleh Nickelodeon, perusahan animasi Spongebob pada Rabu (28/11). Dia mengidap penyakit amyotrphic lateral sclerosis (ALS). 

Defenisi ALS

Dari hallosehat.com, penyakit tersebut terjadi pada sistem saraf, dimana sel-sel tertentu atau neuron di sumsum tulang dan di otak mati secara perlahan. Sel mengirimkan pesan dari dalam otak dan sumsum tulang menuju otot. Mulanya akan menimpa pada otot ringan. Secara perlahan akhirnya otot berhenti berkeja dan menyebabkan kelumpuhan karena otot berhenti bekerja. ALS merupakan penyakit langka. Penyakit ini umumnya mempengaruhi lebih banyak pria pada usia 40-60 tahun. 

Tanda-tanda & gejala

ALS sering berawal di otot kaki atau lengan. Penyakit ini juga bisa ditandai dengan berbicara yang tidak jelas. Awalnya menyebar ke dua tangan dan kaki serta bagian tubuh lainnya. Otot punggung dan leher juga bisa melemah sehingga kepala menjadi lemas dan terus tertunduk. Kemudian, kehilangan jaringan otot (atropy) dan lidah yang berkedut umum juga terjadi. Otot-otot untuk bergerak, berbicara, menelan dan bernafas juga lumpuh atau tidak bisa digerakkan. 

Penyakit ALS tidak memengaruhi indra penglihatan, penciuman, perasa, pendengaran dan sentuhan. Tapi, penderitanya akan memiliki masalah mental, seperti sulit untuk mengungkapkan kata-kata. 

Penyebab

Penyebabnya tidak diketahui dan sekitar 90% kasus terjadi secara sporadis. Pada sekitar 10% orang, penyakit ini menurun pada anggota keluarga. Ilmuwan juga menduga ketidakseimbangan kadar glutamat dalam tubuh dan penyakit autoimun sebagai penyebab penyakit ALS. Perlu diketahui, bila penyakit ALS adalah penyakit tidak menular. ***(Nasser Panggabean)