Ini Pekerjaan Terbaik Berdasarkan Tipe Kepribadian

JAKARTA – Mendapat pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadian bisa membuatmu lebih bahagia dengan karirmu.

Salah satu cara paling populer untuk mempelajari kepribadianmu adalah dengan mencari tahu posisimu dalam sistem Myers-Briggs.

Sistem ini membuatmu paham kamu memiliki tipe kepribadian seperti apa, berdasarkan bagaimana kamu mengukur dirimu sendiri terhadap empat kriteria: ESTJ atau ISTP. Kamu dapat mengikuti penilaian kepribadian di sini.

Kamu harus ingat bahwa daftar pekerjaan sesuai dengan tipe kepribadian ini tidak bermaksud definitif atau pasti. Sejumlah hal menunjukkan tes Myers-Briggs punya kekurangan, lainnya mempertanyakan apakah tes itu ilmiah.

Namun, cara ini bisa menjadi cara menyenangkan untuk melihat bagaimana pekerjaan tertentu menarik minat khusus seseorang.

Berikut kunci tipe kepribadian dikutip dari Business Insider.

Exstroverts

Extroverts diberi energi oleh orang lain, menikmati berbagai tugas dan gerak yang cepat, serta pandai multitasking.

Introverts

Introverts seringkali suka bekerja sendirian atau dalam kelompok kecil, cenderung lebih suka gerakan yang tidak tergesa-gesa, dan menyukai foksu pada satu tugas pada satu waktu.

Intuitives

Intuitives cenderung fokus pada kemungkinan dan gambaran besar, dengan mudah melihat pola, menghargai inovasi, dan mencari solusi kreatif dari masalah.

Sensors

Sensors adalah orang-orang realistis yang suka fokus pada data dan detil. Mereka menerapkan akal sehat dan pengalaman masa lalu untuk menemukan solusi praktis atas masalah.

Thinkers

Thinkers cenderung membuat putusan menggunakan analisis logis, menimbang pro dan kontra secara objektif, dan mengharga kejujuran, konsistensi, dan keadilan.

Feelers

Feelers cenderung sensitif dan kooperatif. Mereka memutuskan berdasarkan nilai-nilai personal mereka sendiri serta bagaimana orang akan terpengaruh oleh tindakan mereka.

Judgers

Judgers cenderung terorganisir dan siap, suka membuat dan berpegang pada rencana, serta merasa nyaman mengikuti sebagian besar aturan.

Perceivers

Perceiver lebih suka membiarkan pilihan mereka terbuka, ingin dapat bertindak secara spontan, dan suka fleksibel dalam membuat rencana.

Tags:
extrovertsintrovertspekerjaantipe kepribadian
%d blogger menyukai ini: