Ini Lho Usulan Pengusaha Jika PPKM Diperpanjang

09 Agustus 2021 23:19 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Ismail Pohan

Nampak pengunjung melintas di deretan kios-kios di kawasan Blok M Square yang sebagian tidak beroperasi imbas dari lesunya pembeli dan PPKM yang masih terus diperpanjang, Senin 9 Agustus 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Kalangan pengusaha mengusulkan sejumlah pelonggaran kepada pemerintah apabila PPKM level 4 diputuskan berlanjut.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani mengatakan salah satu usul berkaitan dengan kelonggaran bagi pusat perbelanjaan atau mal untuk beroperasi. Usul disampaikan karena pengusaha pusat perbelanjaan sedang dihadapkan pada kesulitan setelah tutup sebulan penuh selama penerapan PPKM darurat dan Level 4. Mereka berjanji kalau usulan diterima, pengelola mal dan juga restoran akan memberlakukan protokol kesehatan (prokes) ketat supaya penularan corona di lingkungan mal dan restoran bisa dicegah.

Usulan lain, sektor manufaktur bisa beroperasi, meskipun tidak termasuk dalam golongan sektor esensial maupun kritikal. Alasannya, sektor manufaktur ini berkaitan dengan rantai pasok (supply chain). Penghentian operasi saat PPKM ditakutkan akan mengganggu produksi di hulu yang bisa berdampak pada kondisi di hilir.Ia mengatakan berapa pun stimulus yang digelontorkan pemerintah tidak akan mencukupi apabila kasus corona berkepanjangan. Kondisi ini membuat pemerintah terpaksa melakukan PPKM level sehingga dunia usaha tidak kunjung bangkit.

Karenanya, ia berharap pemerintah meningkatkan kualitas 3T serta mempercepat vaksinasi. "Kalau enggak percuma PPKM mau diperpanjang sampai kapan pun tidak akan beres-beres kalau begini caranya. Jadi, fokusnya pada penanganan covid itu yang paling utama. Kalau minta stimulus berapapun tidak akan cukup, kalau kondisi begini terus, besok diperpanjang lagi, diperpanjang lagi, restoran tutup, ritel tutup," ujarnya.
Ketua Bidang Keuangan & Perbankan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Ajib Hamdani menambahkan perpanjangan PPKM level 4 harus diimbangi dengan perpanjangan restrukturisasi kredit. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Berita Terkait