Ini Hal yang Harus Dilakukan Saat Dapat Gaji Pertama

20 Agustus 2021 20:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

Inilah Hal-hal yang Harus Dilakukan Usai Mendapatkan Gaji Pertama (Pexels.com/Karolina Grabowska)

JAKARTA - Mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah atau sekolah menengah merupakan hal yang diimpikan banyak orang, sekaligus menegangkan. Hal ini karena lingkungan sekolah atau kuliah sangat berbeda dengan tempat bekerja.

Ada banyak tantangan, peluang, dan komitmen yang menuntut tanggung jawab Anda. Tak hanya itu, tantangan baru terbesar Anda adalah pengelolaan keuangan pribadi, khususnya usai Anda mendapatkan gaji pertama.

Saat mendapatkan gaji, terkadang Anda merasa bahwa gaji tersebut hanya numpang lewat saja di rekening bank Anda. Jika hal tersebut Anda alami, itu artinya Anda harus segera belajar tentang cara mengelola keuangan. Berikut caranya.

1. Buat Anggaran

Jika sebelum bekerja Anda bersekolah atau berkuliah, keuangan Anda biasanya relatif sederhana. Anda mungkin hanya memiliki beberapa tagihan dan utilitas dasar yang harus dibayar. Selain itu, pendidikan Anda mungkin didanai oleh orangtua atau pinjaman mahasiswa.

Akan tetapi, sekarang setelah Anda memulai hidup di dunia kerja, kebutuhan Anda mungkin berubah secara signifikan. Setelah mengetahui pendapatan bersih Anda usai dikurangi dengan pajak penghasilan, tentukan berapa yang harus Anda keluarkan dalam sebulan dengan mensurvei situasi Anda.

Catat berapa banyak uang yang perlu dikeluarkan untuk membayar uang sewa, atau apakah Anda berencana untuk pindah ke tempat yang lebih baik. Anda mungkin juga akan menghemat dana lebih banyak untuk membeli mobil.

2. Lunasi Utang Anda

Saat Anda memiliki penghasilan, inilah waktu yang tepat untuk memulai melunasi utang yang Anda miliki. Jika Anda memiliki kartu kredit, Anda mungkin telah terbiasa hanya membayar pembayaran minimum setiap bulan, tetapi inilah saatnya untuk menghentikan kebiasaan pembayaran minimum itu sesegera mungkin dan mengurangi jumlah uang yang telah Anda bayarkan untuk bunga.

3. Otomatiskan Tabungan Anda

Cara terbaik untuk mulai menabung dan menjadikannya kebiasaan adalah dengan membuat rencana tabungan otomatis. Jika Anda memiliki sejumlah uang yang disisihkan dari setiap gaji secara otomatis, maka Anda tidak akan lupa untuk menabung.

Coba carilah bank yang memiliki layanan seperti itu, lalu cari tahu seberapa mudah uang itu dapat Anda tarik. Terkadang, tabungan otomatis tersebut hanya bisa ditarik per enam bulan.

4. Mulailah Menabung untuk Pensiun

Jika Anda seperti kebanyakan orang yang baru saja memulai pekerjaan pertama, maka masa pensiun akan terasa masih sangat lama. Meskipun hal tersebut benar, bahwa Anda mungkin masih punya waktu 40 tahun lagi atau lebih untuk pensiun, tapi jangan menunggu untuk mulai menabung. Meski Anda menabung untuk pensiun dalam jumlah yang sangat kecil, tabungan tersebut sangat berarti untuk masa pensiun Anda nanti.

Berita Terkait