Ini Fakta Spirit Dolls atau Boneka Arwah yang Kini Sedang Viral

06 Januari 2022 12:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Ini Fakta Spirit Dolls atau Boneka Arwah yang Kini Sedang Viral (Shopee.com)

JAKARTA - Bermain dengan boneka tentu merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Akan tetapi, belakangan ini justru ada fenomena memelihara boneka arwah atau spirit dolls yang dimulai dari kalangan selebriti kemudian menyebar ke banyak orang.

Spirit dolls merupakan sebutan untuk boneka yang disebut telah dimasukkan arwah dari anak kecil yang sudah meninggal. Tidak hanya itu, pemilik spirit dolls juga akan merawat spirit dolls seperti seorang bayi manusia yang masih hidup.

Fenomena spirit dolls sekarang menuai pro kontra di kalangan masyarakat. Terlepas dari hal tersebut, simak beberapa fakta mengenai spirit dolls atau boneka arwah berikut ini.

Sudah Dijual di E-commerce

Boneka arwah atau spirit dolls sekarang sudah bisa ditemukan di berbagai situs e-commerce Indonesia. Harga spirit dolls bahkan bisa dibilang lebih mahal daripada mainan boneka biasanya. Harga spirit dolls beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Sudah Ada Sejak Dulu

Memiliki boneka arwah merupakan kebiasaan yang ternyata sudah ada sejak dulu. Voodoo adalah istilah yang menggambarkan boneka arwah milik orang-orang Fon di Benin. Voodoo sering digunakan untuk menghubungkan roh halus dan manusia. 

Menurut Live Science, Voodoo sendiri merupakan karikatur budaya pop sensasional dari voudon, agama Afro-Karibia yang berasal dari Haiti meskipun pengikutnya dapat ditemukan di Jamaika, Republik Dominika, Brazil, dan Amerika Serikat. Namun kini istilah Voodoo lebih mengacu ke sebuah patung atau boneka yang digunakan dalam tradisi magis banyak budaya di seluruh dunia.

Sempat Viral di Thailand

Tidak hanya orang Indonesia, orang-orang Thailand juga memiliki boneka arwah yang diberi nama Luk Thep. Seperti yang dilansir dari laman Time, fenomena boneka Luk Thep di Thailand ini sempat viral pada Januari 2016 ketika Thai Smile Airways mengizinkan penumpang untuk membeli kursi dan makanan untuk boneka mereka. Luk Thep yang diartikan malaikat anak ini dipercaya membawa keberuntungan untuk bisnis atau keluarga.

Manfaat Spirit Dolls

Spirit dolls atau boneka roh telah terdapat pada berbagai budaya yang tidak terhitung jumlahnya di seluruh dunia sejak zaman kuno. Terkadang, boneka roh dibuat untuk menghormati tempat tertentu yang memiliki makna bagi pembuatnya atau untuk menghormati musim atau hari suci tertentu. 

Sedangkan pada spirit dolls yang dimiliki banyak orang saat ini dipercaya memiliki manfaat seperti jimat yaitu untuk melindungi diri, meningkatkan rezeki, dan memancarkan aura atau sebagai alat pemikat. Boneka arwah juga ada yang digunakan untuk melindungi seseorang yang merasa sering diganggu oleh makhluk astral atau sering mengalami hal-hal mistis.

Berita Terkait