Ini Dia Ide Konten TikTok yang Terbukti Trending dan FYP Selama 2021

29 Desember 2021 11:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Vega Aulia

Ini Dia Ide Konten TikTok yang Terbukti Trending dan FYP Selama 2021 (Pixabay.com/Antonbe)

JAKARTA - TikTok kini menjadi media sosial yang populer. Bahkan website TikTok sendiri lebih populer mengalahkan Google pada tahun 2021. Oleh karena itu, banyak yang mulai mencari ide konten TikTok yang telah terbukti trending dan FYP (For You Page) selama 2021.

Tidak mengherankan jika saat ini banyak brand yang ingin menggunakan TikTok dalam strategi media sosial mereka agar pemasaran mereka semakin berhasil. 

Namun, hingga kini banyak yang masih menganggap ide konten TikTok hanya seputar konten tarian atau hiburan yang tidak selaras dengan gaya dari banyak perusahaan.

TikTok sendiri merupakan suatu platform media sosial berbasis video yang populer. Pengguna TikTok biasanya akan merekam dan mengunggah video pribadi mereka dalam berbagai kategori dan menonton konten orang lain. 

Selain itu, platform ini juga terbuka dan pengguna tidak perlu berteman dengan anggota TikTok untuk melihat konten mereka.

TikTok menjadi populer mungkin bisa dikaitkan karena pandemi COVID-19. Selama bulan-bulan awal pandemi, banyak orang yang mengalami perubahan kebiasaan dengan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan mulai menonton lebih banyak video pendek. 

Untuk Anda yang ingin mulai membuat konten TikTok, Anda bisa mempertimbangkan untuk fokus pada ide konten yang mudah trending dan masuk FYP, seperti yang telah dirangkum dari laman Revive Social berikut.

Lifehacks

Konten dengan tagar atau tema lifehacks mencakup tips dan trik yang akan memudahkan pengguna untuk beraktivitas sehari-hari. Biasanya mungkin hal-hal yang tampak sepele seperti cara memeras lemon dengan benar, sampai bagaimana cara agar mendapat kursi yang nyaman saat memesan tiket pesawat terbang kelas ekonomi.

Anda bisa mulai menggunakan tema lifehacks ini yang disesuaikan dengan merek atau brand Anda. Misalnya, Anda bisa mulai memberikan tips seputar cara memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) jika hal itu sesuai dengan bisnis Anda.

Dengan memberikan sedikit sentuhan kreativitas, Anda dapat membuat video TikTok yang mendorong minat banyak orang pada bisnis Anda dan mengumpulkan lebih banyak pengikut.

Video lifehacks ini biasanya pendek dan tajam. TikTok saat ini memungkinkan Anda membuat video yang berdurasi maksimal tiga menit, sehingga Anda tidak akan punya banyak waktu untuk mengembangkan ide atau memberikan contoh. 

Ini berarti Anda harus memikirkan dengan cermat tentang bagaimana Anda dapat menyajikan konten Anda secara sederhana dan menghibur. 

Konten Pendidikan di #learnontiktok

Konten pendidikan dengan hashtag #learnontiktok ternyata juga cukup populer dan disukai banyak orang di TikTok. Hal ini karena dengan video singkat, banyak pengguna yang merasa mendapatkan banyak informasi dari konten tersebut. 

Hashtag ini memberikan konten pendidikan dan informasi seperti konsep ilmiah, peristiwa sejarah, sampai tips keuangan pribadi. 

Konten dengan hashtag #learnontiktok bahkan telah menarik lebih dari 124 miliar view sejauh ini. Selain itu, konten tema pendidikan dan informasi juga dapat menciptakan peluang untuk Anda yang ingin menawarkan bisnis Anda kepada pengguna.

Video Hiburan

Sampai saat ini, hiburan merupakan kategori konten paling populer di Tiktok dengan total lebih dari 14 miliar tampilan hashtag. Mungkin konten hiburan agak sulit digunakan bagi Anda yang ingin menggunakan TikTok untuk bisnis. 

Namun, ada banyak peluang untuk menggunakan pemasaran afiliasi dalam video konten hiburan yang dapat digunakan untuk menjangkau influencer hiburan di TikTok dengan pemirsa setianya.

Anda dapat membuat tautan afiliasi untuk produk Anda dan meneruskannya ke pengguna TikTok. Kemudian, setiap kali salah satu pengikut mereka mengklik tautan dan melakukan pembelian, influencer menerima komisi atas penjualan tersebut.

Hashtag #2018vs2021

Hashtag #2018vs2021 adalah hashtag yang digunakan oleh pengguna untuk menunjukkan perbedaan diri mereka di masa lalu dan masa kini. Tujuan dari video ini adalah untuk menunjukkan seberapa banyak anggota TikTok yang mengalami perubahan dan perkembangan dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun banyak dari video #2018vs2021 yang lucu, ada peluang untuk menggunakan tagar untuk memamerkan bisnis dan situs web Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk memamerkan milestone perjalanan perusahaan Anda dan menyoroti beberapa produk baru dan peningkatan pada rangkaian produk Anda sebelumnya.

Itu tadi ide konten yang trending dan FYP di TikTok selama 2021 yang bisa Anda gunakan sebagai gambaran untuk membuat konten TikTok pada tahun 2022. Selamat mencoba. 

Berita Terkait