Ini Cara Mengontrol Masa Depanmu di Ekonomi Baru

JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat orang harus mengatur ulang pengeluaran dan pemasukannya.

Bahkan, perencanaan finansial untuk masa depan mesti diubah. Agar rencana-rencana hidup di masa depan tidak jauh berbeda dari rencanamu sebelumnya, tentu kamu perlu mengencangkan ikat pinggang saat ini.

Kamu dapat mengikuti praktik yang sudah dilakukan bisnis untuk bertahan selama resesi ini, yakni mengurangi pengeluaran dan mencari sumber pendapatan alternatif.

Kiat ini ditulis Timothy Barret, Trust Counsel dan Senior Vice President di Argent Trust Company.

Berikut cara memangkas pengeluaran yang berguna untuk membantu mengendalikan masa depanmu dalam ekonomi baru. Sebagian cara ini dikutip dari Kiplinger.

Jangan berbelanja sebagai hiburan

Belilah barang dalam jumlah yang benar-benar kamu butuhkan. Hindari pula membeli merek premium dengan harga utuh ketika merek yang lebih murah atau obral tersedia.

Jika kamu menemukan kebutuhanmu di sebuah situs web, telusuri produk tersebut di situs e-commerce lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapat harga yang bervariasi dan mencari produkmu di harga yang lebih murah.

Pertimbangkan kembali kebutuhan hiburan online-mu

Pelanggan over-the-top (OTT) telah menghabiskan ratusan ribu sebulan untuk streaming lagu, olahraga, serial TV, dan film. OTT adalah pembelian on-demand untuk mengakses konten tanpa berlangganan atau tambahan dari biaya berlangganan bulanan.

Sejumlah layanan streaming musik yang bagus tersedia cuma-cuma, begitu juga dengan layanan serial dan film.

Batasi OTT yang benar-benar kamu butuhkan dan buatlah seleksi. Kamu bisa membongkar lagi lusinan film dan lagu yang sudah kamu simpan dalam perangkatmu untuk menghibur hari-harimu secara gratis.

Cari sumber pendapatan alternatif

Pertimbangkan keahlian yang kamu punya dan carilah pelatihan untuk meningkatkan keahlianmu itu. Carilah pelatihan yang kerap diabaikan banyak orang, seperti pertukangan dan pembersihan rumah.

Tags:
berbelanjaE-commerceekonomi barumenambah pemasukanmengurangi pengeluaranpendapatan alternatif
%d blogger menyukai ini: