Ini Aksi Finansial yang Perlu Dilakukan Sebelum Usia 40 Tahun

JAKARTA – Pada ulang tahun ke-40, Anda mungkin berharap lebih stabil secara finansial daripada saat Anda masih muda.

Dalam bayangan Anda, ketika hal itu terjadi, Anda sudah merealisasikan tujuan besar, seperti membeli rumah dan membangun keluarga. Namun, penting agar tidak melupakan tujuan masa depan, termasuk menabung untuk masa pensiun.

Untuk pensiun pada usia 67 tahun, para ahli di penyedia program pensiun Fidelity Investments menyarankan agar penghasilan Anda ditabung tiga kali lipat saat Anda berusia 40 tahun. Saran ini mencakup tabungan, dana pensiun, dan investasi apa pun.

Di bawah ini sejumlah kebiasaan keuangan yang baik dikembangkan di usia 30-an untuk membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang yang lebih besar. Saran ini dikutip dari CNBC dan Business Insider:

Tingkatkan iuran dana pensiun

Mungkin saja terjadi ketika Anda mendapatkan pekerjaan di usia 20-an, Anda hanya memasukkan sebagian kecil dari gaji Anda ke dalam tabungan pensiun.

Seiring dengan usia yang terus bertambah, disertai gaji yang kian besar, hingga Anda memasuki jelang usia 40 tahun, tingkatkanlah kontribusi iuran pensiun. Umumnya, penasihat keuangan merekomendasikan untuk menyumbang 10% hingga 20% dari gaji untuk dana pensiun Anda.

Mulailah menabung untuk biaya kuliah anak

Para orang tua yang berusia 30-an tidak boleh lupa untuk mempertimbangkan tabungan kuliah anak di kala orang tua juga menabung untuk masa pensiun.

Tabungan kuliah untuk anak mungkin tidak secara langsung berkorelasi dengan tabungan pensiun Anda sendiri. Namun, mulai menabung sejak dini untuk perguruan tinggi dapat membebaskan beban finansial di tahun-tahun berikutnya. Juga membantu Anda menghindari pembayaran bunga pinjaman kuliah dalam jangka panjang.

Masukkan uang Anda ke tabungan berimbal hasil tinggi

Ketika Anda mendekati usia 40, kemungkinan besar Anda memiliki rekening tabungan. Tapi itu mungkin bukan yang terbaik untuk menghasilkan uang paling banyak.

Rekening tabungan dengan hasil tinggi menawarkan tingkat bunga yang jauh lebih besar daripada rekening tabungan tradisional dan memungkinkan Anda mengakses uang tunai dengan mudah jika Anda membutuhkannya.

Menggunakan rekening tabungan hasil tinggi yang dikombinasikan dengan rekening investasi membantu Anda meregangkan beban finansial.

Beli asuransi yang Anda butuhkan

Pada usia 40-an Anda sebaiknya memiliki perlindungan yang tepat. Bisa berupa asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, atau asuransi rumah, yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biasakan mengevaluasi rencana asuransi Anda setiap tahun untuk memastikan bahwa pertanggungan Anda masih sesuai dengan kebutuhan dan dana Anda.

Mulai mencari uang tambahan

Banyak orang menjadi kaya karena berhasil mengembangkan banyak aliran pendapatan. Cobalah untuk mencari penghasilan sampingan guna mendapat tambahan penghasilan.

Dengan memiliki penghasilan sampingan, Anda tengah bereksperimen menjadi bos untuk diri sendiri, alih-alih bekerja hanya demi uang. Itu perbedaan signifikan antara cara menjadi orang kaya dan cara menjadi orang biasa yang hanya diupah.

Tags:
Dana pensiunInvestasitabungantips finansialtips keuangan
%d blogger menyukai ini: