Ini 5 Momen Ajari Anak soal Manajemen Keuangan

JAKARTA – Ada banyak peluang bagi anak untuk belajar cara mendapatkan uang, menabung hingga berbelanja.

Sejumlah momen di masa kanak-kanak dapat dimanfaatkan untuk membantu mereka mengembangkan pola pikir yang disiplin seputar uang dan landasan finansial yang kokoh.

Berikut lima momen yang dapat kamu manfaatkan untuk mengajari anak soal pengelolaan uang. Rekomendasi ini diambil dari situs web Northwestern Mutual.

Saat Kali Pertama Membeli Hadiah untuk Orang Lain

Kamu bisa membantu anak-anak menyusun daftar penerima hadiah dan menetapkan anggaran untuk setiap hadiah, berdasarkan seberapa banyak mereka dapat menabung.

Minta anak untuk menyumbangkan sebagian dari tabungannya untuk membeli hadiah.

“Jika pada akhirnya mereka tidak bisa memberikan hadiah karena gagal menabung, ini menjadi pembelajaran buat mereka,” kata psikolog anak, Forrest Talley.

Ketika Anak Mulai Membeli Video Games

Banyak video game saat ini menawarkan transaksi kecil yang memungkinkan pemain menghabiskan sejumlah poin untuk, misalnya, mendapat kostum yang lebih menarik.

Kamu bersama anak bisa melakukan penghitungan untuk menunjukkan bagaimana pengeluaran itu akan berlipat ganda sepanjang tahun. Tanyakan juga apakah mereka lebih memilih barang mahal.

Cara ini memperkenalkan konsep biaya peluang serta mengajari anak cara memprioritaskan pengeluaran.

Saat Anak Bekerja Paruh Waktu

Mendorong anak remaja untuk mencari pekerjaan paruh waktu berarti menyisipkan rasa bangga bagi remaja bahwa mereka mampu menerapkan keterampilan dengan cara yang dianggap berharga oleh orang lain, sebagaimana tercermin dalam gaji.

Bantu mereka seimbangkan pendapatan kerja paruh waktu untuk menabung, berbelanja, dan memberi ke orang lain.

Namun, jika anak tiba-tiba ingin menghabiskan sebagian besar pendapatannya untuk membeli pakaian atau gadget mahal, sebaiknya orang tua turun tangan.

Tunjukkan kepada mereka bahwa membeli pakaian atau gadget mahal, berarti mereka tidak akan punya cukup uang untuk mendapatkan barang yang jauh lebih berguna nantinya.

Ketika Anak Mendapat SIM

Kebanyakan remaja bermimpi untuk mengendarai kendaraan pribadi. Sebelum hal itu dilakukan, diskusikan bagaimana mereka akan menutupi biaya pendukung, seperti asuransi kendaraan, bensin, atau perawatan kendaraan.

Misal, kamu bisa meminta anakmu membeli bensin sendiri atau membayar sebagian asuransi. Kamu juga bisa memberi anak hak mengemudi dengan pilihan mengantar kamu bepergian atau mengantarkan saudaranya beraktivitas.

Saat Anak Menggunakan Kartu Debit

Talley merekomendasikan orang tua untuk memasukkan sejumlah uang ke rekening anak dan menentukan penggunaannya dalam satu bulan.

Bantulah anak untuk menyusun anggaran, tetapi biarkan mereka untuk berbelanja dengan bijak agar dana tersebut dapat bertahan lama.

Tags:
berbelanjalandasan finansialmanajemen keuanganmenabungpengelolaan keuangantabungan anak
%d blogger menyukai ini: