Ini 3 Alasan Erick Thohir Pecat 4 Direktur dan 1 Komisaris MIND ID

29 Oktober 2021 23:05 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Amirudin Zuhri

Ilustrasi Menteri BUMN Erick Thohir membongkar jajaran direksi maupun komisaris perusahaan pelat merah. ( Grafis: Deva Satria/Trenasia.)

JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan Direksi dan Komisaris PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Mining Industry Indonesia (MIND ID) akhir pekan ini.

Dalam rapat tersebut, Erick menggantikan empat Direktur dan satu Komisaris sekaligus. Ini merupakan perombakan besar-besaran yang dilakukan Erick pada Holding BUMN tambang.

Di pucuk pimpinan, Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak digantikan oleh Hendi Prio Santoso. Orias menjabat sebagai Dirut MIND ID sejak November 2019.

Hendi adalah mantan Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) dan Dirut PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS/PGN) sejak 2008.

Bersama Hendi, dua Direktur PGAS juga ditarik untuk menempati kursi Direksi MIND ID. Mereka adalah Dilo Widagdo (Direktur Komersial dan Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN) dan Danny Praditya (mantan Direktur Komersial PGN).

Dilo kali ini diangkat Erick sebagai Direktur Pengembangan Usaha MIND ID menggantikan Mormansyah Duliar sedangkan Danny ditunjuk menjadi Direktur Operasi dan Portofolio.

Sementara itu, Sophia Isabella Wattimena sebagai Direktur Pelaksana digantikan oleh Devi Pradyna Paramita yang menjabat sebagai Direktur Keuangan.

Di jajaran Komisaris, Martuani Sormin diangkat Erick untuk menggantikan Rendi Akhmad Witular sebagai Komisaris.

3 Alasan

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan bahwa perombakan yang terjadi pada induk holding BUMN tambang tersebut dilakukan karena tiga alasan kunci.

Pertama, bertujuan melakukan akselerasi transformasi industri tambang yang berbasis sustainable dan enviroment friendly practices dengan mengoptimasi program digitalisasi dan automasi mekanisasi smart mining 5.0.

Selanjutnya, Kementerian BUMN ingin melakukan pengembangan hilirisasi industri tambang menuju integrated metal & mineral comprehensive upstream & downstream processing untuk memaksimalkan nilai tambah terhadap industri tambang dalam negeri.

Selain itu, pemerintah juga mendorong MIND ID menjadi motor penggerak terdepan dalam inisiatif pengembangan induatri electric mobility nasional untuk mengurangi defisit devisa negara akibat net import energi serta pengurangan emisi karbon di sektor transportasi darat.

"Juga untuk mengakselerasi terciptanya ekosistem yang terintegrasi di sektor electric mobility dengan membuka peluang investasi dan kerjasama dengan player electric mobility global," katanya dalam keterangan resmi, Jumat, 29 Oktober 2021.

Berikut susunan Komisaris dan Direksi yang baru:

Komisaris:

Komisaris Utama/Independen: Doni Monardo
Komisaris Independen: Muhammad Munir
Komisaris: Ridwan Djamaluddin
Komisaris: Ilyas Asaad
Komisaris: Alex Denni
Komisaris: Martuani Sormin

Direksi:

Direktur Utama: Hendi Prio Santoso
Direktur Pengembangan Usaha: Dilo Widagdo
Direktur Keuangan: Devi Pradyna Paramita
Direktur Operasi & Portofolio: Danny Praditya
Direktur Hubungan Kelembagaan: Dany Amrul Ichdan

Berita Terkait