Ingin Tambah Penghasilan Lewat Online? Coba Bisnis Dropship

24 Mei 2021 17:32 WIB

Penulis: Reky Arfal

Ilustrasi/Foto: SaleSource

JAKARTA – Bisnis dropship merupakan model bisnis yang tidak memerlukan modal banyak serta memiliki risiko yang kecil. Biasanya, model bisnis dropship lebih sering dilakukan oleh para reseller online atau biasa disebut dropshipper.

Meski model bisnis dropshipper bukanlah suatu model bisnis baru, tetapi berkat bantuan teknologi digital, model bisnis ini seperti kembali sering dilakukan oleh pedagang online di marketplace, e-commerce, atau di media sosial seperti Instagram.

Bagi Kamu yang penasaran, bagaimana bisnis model dropship ini bekerja, maka berikut ini DuniaFintech paparkan cara kerja bisnis dropship yang dilakukan dropshipper.

Cara kerja dropship

Para dropshipper dapat memasarkan barang tanpa harus  melakukan stok barang. Semua proses  packing hingga pengiriman dilakukan oleh distributor atau mitra pemilik produk yang dijual oleh dropshipper

Secara umum, dapat dikatakan hal yang harus dikerjakan dropshipper setelah mendapatkan supplier atau distributor produk adalah mencari gambar produk, memberikan deskripsi yang baik, dan nominal harga yang bersaing.

Biasanya, ada banyak supplier yang membuka pintu untuk pelaku-pelaku bisnis model dropship ini. Meski tidak semuanya, tetapi selalu saja ada supplier yang mau memberikan keringanan harga agar dropshipper yang bermitra dengannya mampu memberikan harga kompetitif dan bersaing di pasaran.

Setelah seluruh keterangan tersebut didapat, dropshipper tinggal memposting dagangannya di media social atau marketplace. Jika ingin hasil yang maksimal, Kamu juga dapat memanfaatkan fitur iklan yang ada pada tiap platform.

Lalu, ketika ada pembeli yang menyangkut di lapak dagangan Kamu, maka nantinya proses packing hingga pengiriman produk akan dilakukan semuanya oleh supplier. Dengan catatan, Kamu sudah bertransaksi dengan supplier. Nantinya, supplier tersebut akan mengirimkan produk kepada pembeli dengan mengatasnamakan toko dropship Kamu.

Keuntungan bisnis dropship

Jangan salah, meski bisnis dropship tergolong minim modal, tetapi keuntungannya bisa berkali-kali lipat, lho. Uang yang seharusnya digunakan untuk modal tersebut dapat dialihkan untuk mengiklankan produk. Dengan sasaran market yang tepat, tinggal menunggu waktu hingga produk jualanmu dilirik dan diminati pembeli.

Keuntungan yang diperoleh dari dropship, meski sangat relatif, namun tidak bisa dipandang sebelah mata. Terutama jika Kamu telah menemukan supplier yang mematok harga di bawah harga jual. Dengan menaikkan 10% hingga 30%, produk yang Kamu jual tetap masih berada di jalur persaingan.

Berita Terkait