Ingin Resign dari Pekerjaan? Ini Hal-hal yang Harus Anda Persiapkan

15 Mei 2022 09:22 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Fakhri Rezy

Ingin Resign dari Pekerjaan? Ini Hal-hal yang Harus Anda Persiapkan (Trenasia.com)

JAKARTA - Tidak hanya libur panjang, momen lebaran biasanya juga ditunggu-tunggu oleh para karyawan sebagai waktu yang tepat untuk resign atau berganti pekerjaan. Selain itu, momen usai lebaran biasanya dipilih sebagai waktu yang tepat untuk resign karena biasanya kantor memberikan THR pada momen tersebut.

Namun, bagi Anda yang ingin resign dari pekerjaan setelah lebaran ini, ada hal-hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum resign, seperti yang dilansir dari laman The Balance Career.

Bantu Membuat Transisi Berjalan dengan Lancar

Temui supervisor Anda dan tawarkan untuk melakukan apapun yang mungkin untuk mengatasi kekosongan yang terjadi usai Anda resign. Anda dapat mencoba menawarkan untuk membantu melatih seseorang yang selanjutnya akan melaksanakan tugas Anda.

Mintalah masukan dari atasan mengenai prioritas untuk hari-hari terakhir Anda di kantor tersebut. Profesionalisme Anda selama sisa waktu tersebut akan diingat saat ada pemeriksaan referensi yang mungkin diperlukan di masa mendatang.

Perbarui Resume dan Profil LinkedIn

Perbarui resume dan profil LinkedIn Anda, dan ubahlah mode profil Anda menjadi pencarian pekerjaan dengan cepat sehingga memudahkan Anda mendapatkan peluang lebih cepat. Anda juga perlu memperbarui profil Anda agar perekrut dapat dengan cepat mengetahui riwayat pekerjaan Anda dengan detail.

Cari Tahu Kondisi Keuangan Anda

Sebelum Anda membuat keputusan untuk berhenti, pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan pekerjaan baru atau sumber pendapatan lain. Jika tidak, pastikan Anda memiliki cukup uang di tabungan untuk hidup nyaman setidaknya selama enam bulan atau lebih.

Buat Anggaran

Jika Anda masih tidak memiliki pekerjaan baru, atau jika penghasilan Anda akan berkurang atau menjadi lebih sedikit daripada yang Anda hasilkan sekarang, luangkan waktu untuk membuat anggaran bulanan. Perkirakan berapa lama tabungan Anda tersebut dapat bertahan jika Anda menganggur untuk sementara waktu.

Itu tadi beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum resign, apalagi setelah lebaran saat ini. Selamat mencoba.

Berita Terkait