Ingin Jual Gadget iPhone atau Android? Reset Ulang Dulu, Ini Caranya

18 April 2021 21:02 WIB

Penulis: Reza Pahlevi

PC, Laptop, dan tablet, buatan Apple / Pixabay

Semua orang perlu mereset ulang gawai (gadget) yang ingin mereka jual atau berikan kepada orang lain. Sebagai suatu hal yang personal, gadget kita ikut merekam berbagai kegiatan kita di dalamnya.

Kita tentu tidak ingin orang lain dapat mengakses hal tersebut. Selain itu, mereset juga berarti mengembalikan gadget tersebut dalam keadaan semula seperti baru.

Sebelum mereset, kita juga perlu memastikan dokumen-dokumen penting seperti foto, pekerjaan, kontak, chat history, dan lain-lain sudah diunggah ke cloud atau dipindahkan ke media penyimpanan eksternal.

Ketika sudah melakukan hal tersebut, reset sudah siap dilakukan. Berikut panduan mereset berbagai gadget yang banyak beredar di Indonesia.

1. Laptop Windows

Di dalam komputer jinjing (laptop) biasanya tersimpan lebih banyak informasi sensitif daripada ponsel. Ini membuat mereset laptop sebagai hal yang sangat penting.

Jika Anda pengguna Windows 10, cara termudahnya adalah mengetik “reset” di search bar yang biasanya ada di taskbar. Pilihan berjudul “Reset This PC” akan muncul dan Anda tinggal mengekliknya.

Jika tidak ada, Anda bisa buka Settings di menu Start, lalu pilih Update & Security, dan fitur reset akan ada di tab Recovery. Pilih “Get Started” di bawah bagian “Reset This PC” dan klik “Remove Everything”.

Proses ini cukup mudah dan Anda tidak punya alasan untuk tidak melakukannya.

2. Ponsel & tablet Android

Cara termudah untuk mereset perangkat Android adalah ketik “reset” di kolom pencarian menu Settings atau Pengaturan. Biasanya hal ini akan langsung menunjukkan Anda ke pilihan menu untuk melakukan factory reset perangkat Android.

Jika Anda tidak bisa menemukan kolom pencarian, biasanya pilihan reset ada di bagian System dalam menu Settings. Lalu akan muncul Reset Options. Untuk menghapus semua data, pilih Erase All Data atau Factory Reset. Android biasanya akan memperingatkan Anda sebelum melakukan ini dan akan meminta PIN perangkat Anda.

3. iPhone dan iPad

Mereset perangkat iOS adalah proses yang mudah. Anda tinggal masuk ke menu Settings atau Pengaturan dan pilih bagian General. Pilihan Reset akan muncul dan Anda tinggal memilih “Erase All Content and Settings”.

Sebagai perlindungan anti-maling, iOS akan meminta kata kunci Apple ID Anda untuk proses ini. Anda harus login ulang dan reset kata kunci Apple ID Anda jika kebetulan Anda melupakan kata kunci Anda.

4. MacBook dan Mac

Proses reset di perangkat MacOS agak sedikit lebih sulit dari perangkat Windows.

Pertama, restart perangkat Mac Anda. Ketika komputer sedang restart, tekan dan tahan tombol Command + R sampai muncul logo Apple. Setelah itu, menu Recovery Mode akan muncul dan pilihlah Disk Utility.

Di menu Disk Utility, Anda akan melihat partisi-partisi hard drive Anda. Untuk menghapusnya klik kanan di setiap partisi tersebut dan pilih Delete. Ini sebenarnya cara kuno dalam mereset PC dan ini hanyalah versi manual dari cara reset Windows yang kita bahas sebelumnya.

Setelah selesai, kembali ke menu Recovery atau restart perangkat Mac Anda dan kembali tekan dan tahan tombol Command + R untuk meng-install ulang MacOS. (SKO)

Berita Terkait