Ingin Berinvestasi? Simak Tips Berikut Ini

02 Juni 2022 09:01 WIB

Penulis: Desi Kurnia Damayanti

Editor: Fakhri Rezy

Ilustrasi investasi (Sumber: id.pinterest.com)

JAKARTA - Berinvestasi adalah salah satu strategi untuk mendapatkan uang tambahan. Namun, setiap investasi pasti memiliki risikonya masing-masing, baik rendah, sedang, maupun tinggi. 

Oleh karena itu, berinvestasi memerlukan pengetahuan yang memadai. Jika tidak, sering kali menyebabkan investor pemula mengalami kerugian. 

Jadi sebelum berinvestasi, Trenasia.com telah merangkum beberapa tips yang perlu Anda pelajari:

Tentukan tujuan investasi

Sebelum melakukan investasi, sebaiknya Anda paham betul tujuan dari investasi yang akan di pilih. Sebagai contoh tujuan investasi nantinya akan digunakan untuk jalan-jalan, membeli kendaraan pribadi, menikah, dan lain sebagainya.

Mengethui tujuan investasi di awal bertujuan untuk membangun komitmen dalam mencapai keinginan atau target investasi Anda. 

Jika anda tidak menentukan tujuan investasi, maka Anda bisa kehilangan motivasi, kehilangan konsisten, serta kebingungan untuk mengalokasikan dana tersebut.

Menggali Informasi Tentang Investasi

Sebagai seorang investor pemula Anda perlu menggali informasi sedalam-dalamnya mengenai investasi.

Anda bisa menggali informasi melalui google, pengamat, ataupun orang yang sudah lama berkecimpung dalam investasi. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai cara berinvestasi dengan tepat.

Memperkirakan alokasi dana investasi 

Setelah Anda menentukan tujuan investasi dan mencari tahu informasi seputar investasi, Anda juga perlu memikirkan alokasi dana investasi. 

Anda perlu memastikan berapa jumlah uang yang Anda punya sekarang, kemudian Anda memikirkan jangka waktu investasi.

Rutin berinvestasi setiap bulan

Dalam berinvestasi, sebaiknya Anda mengalokasikan sebagian penghasilan untuk diinvestasikan secara rutin tiap bulan. Hal tersebut menjadi kunci utama dalam berinvestasi.

Supaya bisa konsisten, sebaiknya Anda menyisihkan sebagian pendapatan penghasilan di awal gaji Anda dengan menyesuaikan kemampuan finansial yang dimiliki. Sehingga nantinya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berita Terkait