Indika Energy (INDY) Lego Saham Mitrabahtera (MBSS) dengan Harga Premium?

08 Oktober 2021 21:01 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Laila Ramdhini

Emiten pertambangan batu bara milik konglomerat Sudwikatmono PT Indika Energy Tbk (INDY) saat RUPST 2018 / Foto: Dok. Indika Energy

JAKARTA – Emiten energi PT Indika Energy Tbk (INDY), melalui anak usahanya PT Indika Energy Infrastructure resmi menjual seluruh kepemilikan sahamnya di PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS), emiten penyedia jasa pengiriman kargo.

Sekretaris Perusahaan Indika Energy Adi Pramono menyampaikan bahwa entitas usaha perseroan telah menyelesaikan penjualan 892.513.586 lembar atau setara 51% saham MBSS kepada PT Galley Adhika Arnawama. Transaksi berlangsung pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Indika Energy Infrastructure melego seluruh saham MBSS pada harga Rp660. Dengan begitu, perseroan meraup sekitar Rp589,06 miliar dalam transaksi tersebut. Jika dikonversi ke dolar Amerika Serikatnya, nilainya setara dengan US$41,31 juta.

Merujuk data perdagangan pada penutupan Kamis, 7 Oktober 2021, harga saham MBSS berada pada kisaran harga Rp840 per lembar. Sehingga, dapat diasumsikan harga pelaksanaan tranksaksi berada di bawah harga pasar.

“Harga penjualan saham yang dijual adalah setara dengan Rp660 per lembar saham dengan total sebesar US$41,31 juta untuk 51 persen modal disetor dari MBSS,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, 8 Oktober 2021.

Dengan adanya transaksi tersebut, MBSS tidak lagi menjadi anak perusahaan perseroan dan tidak dikonsolidasi dalam laporan keuangan INDY. Adi meyakini pelaksanaan transaksi tidak berdampak material terhadap kegiatan usaha perseroan. 

“Kami berkeyakinan bahwa transaksi dilakukan sesuai dengan strategi bisnis diversifikasi perseroan serta untuk memastikan agar perseroan fokus pada pelaksanaan kegiatan usaha yang berkelanjutan,” tambahnya.

Di lantai bursa, saham INDY dan MBSS kompak melonjak. Pada akhir sesi perdagangan hari ini, saham INDY menguat 7,95% ke level Rp2.170 per lembar. Pada kesempatan yang sama, MBSS naik hingga 11,9% menuju harga Rp940 per saham.

Berita Terkait