Indahnya Gunung Kembar Indonesia Dilihat dari Ruang Angkasa

10 Desember 2021 23:00 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

Gunung kembar di Indonesia difoto dari Stasiun Ruang Angkasa (NASA)

JAKARTA-Coba tebak dua gunung kembar dalam foto di atas? Menurut anda gunung apakah itu? Keduanya terlihat identik dan terletak di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Tengah.

Foto tersebut diambil oleh seorang astronaut yang sedang ada di Stasiun Ruang Angkasa atau ISS. Kedua gunung tersebut masih berstatus aktif meski sudah lama tidak meletus.

Keduanya adalah Gunung Sundoro dan Gunung Sumbing. Keduanya terletak di daerah Temanggung, Wonosobo dan Magelang Jawa Tengah. Sebelah kanan adalah Sumbing dan sebelah kiri adalah Sundoro.

Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Sumbing merupakan Gunungapi Strato type A dengan ketinggian  3371m dpl. Sementara Sundoro merupakan gunung dengan type yang sama dengan ketinggian 3150.7 m dpl.

Gunung Sundoro terakhir meletus pada tahun 1970.  Catatan pertama tentang letusan di puncak gunung terjadi pada 1806. Namun PVMBG sendiri mengatakan datanya masih disanksikan kebenarannya. Kemudian pada tahun 1818  terjadi letusan abu, yang menyebar hingga di pantai Pekalongan, bulannya tidak diketahui.

Pada tahun 1882 juga terjadi ketusan abu di G. Kembang. Abunya jatuh hingga di Kebumen. Antara 1-7 April mungkin terjadi leleran lava di lereng barat laut. 

Sedangkan Gunung Sumbing dalam sejarah hanya tercatat satu kali yaitu tahun 1730 yang terjadi di kawah puncak, dimana terbentuk kubah lava dengan aliran lava ke arah bibir kawah terendah diperkirakan terjadi pada tahun tersebut.

Pada tahun 1937 juga terjadi kepulan asap solfatara yang bersuhu lebih kurang 90°C nampak pada kubah lava dan kubangan lumpur di belakang kubah lava. 

pada tahun 1922 kubah lava belum ditutupi tumbuh-tumbuhan. Baru sejak 1925 mulai ditumbuhi lumut-lumutan dan rerumputan. Pada saat ini kubah lava tertutup agak lebat oleh tetumbuhan perdu dan rerumputan.

Aktivitas terakhir Sumbing terpantau pada tahun 1977 suhu ketika lubang-lubang solfatara cenderung menunjukkan kenaikan 7°C sampai 34°C dibandingkan dengan tahun 1934. 

Foto itu sendiri diambil sudah agak lama yakni pada 10 Mei 2021. Gambar itu diambil oleh anggota kru Ekspedisi 65. 

Baik Sundoro maupun Sumbing adalah gunung yang banyak dipilih para pendaki. Dan percayalah, dari dekat gunung kembar ini jauh lebih indah daripada dilihat dari ruang angkasa. Tidak percaya? silahkan mencoba.

Berita Terkait