Ikuti Cara Ini Biar Tidak Tabu Lagi Bahas Uang

JAKARTA – Uang adalah topik yang sulit disinggung banyak orang karena ada begitu banyak rasa malu dan kerahasiaan serta keyakinan yang mengakar kuat yang dipegang orang-orang di sekitarnya.

Demikian pernyataan Simonne Gnessen, pendiri pelatihan keuangan Wise Monkey dan salah satu penulis Sheconomic, menggambarkan alasan rumitnya membicarakan uang.

Meskipun saat ini banyak percakapan terbuka, tetapi masih banyak keheningan terjadi saat membahas uang.

Diam tidak hanya membuat masalah seperti kesenjangan upah beda gender dan ketidaksetaraan sosial tetap eksis. Diam juga menyebabkan diri kita terisolasi dan memelihara rasa malu, terutama bagi mereka yang khawatir akan uang atau utang.

Berikut 7 langkah untuk mulai terbiasa membahas uang, dilansir dari Good House Keeping:

Jujur pada Diri Sendiri

Anda tidak dapat memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan bila enggan membicarakan uang.

“Bagi banyak orang yang merahasiakan uang, bisa jadi karena perasaan malu atau malu karena utang tidak terkendali,” kata Sarah Porretta, Strategy and Insights Director di MaPS.

Untuk menantang dan mengatasi rasa malu atau rasa bersalah, mulailah jujur ​​pada diri sendiri. Kenali pengeluaran bulanan Anda, kebiasaan pengeluaran Anda, dan utang yang Anda miliki.

Bahas Reguler

Sepakati waktu reguler dengan pasangan atau keluarga Anda untuk membicarakan tagihan dan pengeluaran. Melakukan hal ini setidaknya sebulan sekali memberi Anda kesempatan untuk mengatasi masalah apa pun dan membantu Anda mencapai tujuan.

Newsflash!

Ketika Anda butuh diskusi tentang uang, tetapkan ekspektasi terlebih dahulu. Lantas, buat rapat keluarga dan beri tahu semua orang tentang ekspektasi Anda sehingga semua orang siap.

Bersikap Terbuka

Membicarakan pengeluaran Anda sendiri bisa memicu orang lain melakukan hal yang sama. Umum terjadi, ketika Anda mengungkapkan sesuatu, orang lain akan meresponsnya dengan menceritakan dirinya.

Simonne Gnessen menyarankan, jika Anda merasa terlalu sulit untuk berbagi pemikiran dengan teman dan keluarga, ada banyak situs buku harian tentang uang yang anonim. Mulailah dari sana dengan membagikan cerita Anda secara anonim.

Pilih Orang Kepercayaan

Jika masalah uang mengkhawatirkan Anda, temukan teman atau keluarga yang akan mendukung, bukan menghakimi. Jika Anda ingin memberi tahu seseorang tentang utang, ada baiknya susun strategi lebih dulu.

“Kami tahu bahwa banyak orang akan bergumul dengan masalah uang karena dampak finansial dari Covid-19,” kata Sarah Porretta.

Menurutnya, jika Anda merasa kewalahan, diskusikan masalah keuangan Anda dengan seseorang (teman, keluarga, atau ahli) untuk memperoleh perspektif berbeda. Ingatlah untuk berhati-hati memilih orang kepercayaan.

Tahan Emosi

Pikirkan sebelumnya tentang apa yang akan Anda katakan, di mana tempat terbaik untuk melakukan percakapan, dan siapa yang perlu hadir. Siapkan kalimat pertama Anda untuk memudahkan diri masuk ke dalam percakapan dan mencairkan suasana.

Memang sulit mengendalikan emosi agar tidak menguasai diri kita saat kita membicarakan masalah uang. Namun, jika Anda dapat menghindari kemarahan atau kekesalan, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Aktif Terlibat

Membaca halaman uang di majalah atau koran favorit Anda, mendengarkan podcast atau menghadiri acara adalah cara yang bagus untuk lebih aktif membahas uang.

Intinya, semakin aktif kita terlibat dengan problem keuangan dan pengendalian uang, semakin kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita.

Tags:
Investasipelatihan keuanganreaksi emosionaltips keuangan
%d blogger menyukai ini: