IKEA Mulai Jual Panel Surya untuk Energi Terbarukan

05 September 2021 20:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

IKEA Mulai Jual Panel Surya untuk Energi Terbarukan (Freepik.com/xb100)

JAKARTA - IKEA, sebuah merek furnitur terbesar di dunia, kini mulai membuka cabang untuk menjual energi terbarukan sebagai produk rumah tangga. IKEA mulai menjualnya mulai dari pasar dalam negeri yaitu Swedia pada bulan September.

Ingka Group, pemilik sebagian besar toko IKEA di seluruh dunia, mengatakan bahwa rumah tangga dapat membeli alat untuk mendapatkan energi terbarukan dengan harga yang terjangkau, yaitu panel surya dan angin, serta dapat melacak penggunaannya melalui aplikasi.

Mengutip dari laman Reuters, mitra Ingka, yaitu Svea Solar yang memproduksi panel surya untuk IKEA, telah membeli listrik di Nord Pool lalu meneruskannya langsung ke pelanggan tanpa biaya tambahan.

Inisiatif IKEA ini diketahui bertujuan untuk mengurangi jumlah bahan bakar fosil yang digunakan konsumen di rumah.

Selain itu, IKEA yang akan menjual panel surya untuk rumah tangga di 11 pasar tersebut akan memudahkan pembeli untuk melacak produksi listrik mereka sendiri di aplikasi lalu dapat menjual kembali kelebihan listrik yang dihasilkan.

Tak hanya untuk mengurangi jumlah bahan bakar fosil, inisiatif yang digagas oleh IKEA ini ini bertujuan agar listrik mudah diakses dan terjangkau untuk semua kalangan.

Selanjutnya, IKEA juga akan membangun gerakan energi terbarukan terbesar, bersama rekan kerja, pelanggan, dan mitra di seluruh dunia untuk membantu mengatasi perubahan iklim bersama.

Berita Terkait