IHSG Tren Bullish, Reliance Punya Rekomendasi Saham Beda Hari Ini

24 Agustus 2021 08:37 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa, 27 Juli 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih dalam fase tren bullish pada perdagangan Selasa, 24 Agustus 2021. Sejumlah indikator turut mengonfirmasi penguatan indeks pada hari ini.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi mengatakan bahwa pergerakan IHSG telah mengonfirmasi rebound pada level support moving average (MA) 200 hari dengan potensi kembali pada jalur trendline yang terbentuk sebelumnya.

Ia menjelaskan, indikator stochastic dan RSI memberikan sinyal momentum bullish pascaterkonsolidasi pada area dekat oversold. Sedangkan, indikator MACD bergerak divergence dengan histogram dan memberi sinyal kembali pada zona positif. 

“Arah pergerakan IHSG akan mencoba bertahan di atas level 6.100 sebagai konfirmasi penguatan tren. Sehingga, indeks diperkirakan berpotensi menguat dengan support resistance 6.093 – 6.176,” kata Lanjar melalui riset hariannya, Selasa, 24 Agustus 2021.

Tak hanya itu, ia juga merekomendasikan beberapa saham unggulan yang menurutnya dapat dicermati dan dipertimbangkan oleh pelaku pasar. Di antaranya ACST, ANTM, ASRI, BSDE, HMSP, HRUM, INCO, LPKR, MIKA, TINS, dan WSKT.

IHSG ditutup naik 1,31% ke level 6.109,83 dengan pergerakan yang optimistis sejak awal sesi perdagangan Senin, 23 Agustus 2021. Optimisme investor menyambut penguatan bursa regional usai penguatan mayoritas indeks saham di Wallstreet akhir pekan lalu menjadi salah satu faktornya.

Sektor teknologi, properti, serta infrastruktur menjadi pemimpin penguatan sektoral pada hari ini. Akselerasi yang positif dari KPR dan KPA pada semester pertama tahun 2021 disinyalir menjadi katalis positif saham-saham properti saat ini.

Berita Terkait