IHSG Rawan Tertekan Jelang HUT RI, Saham-Saham LQ45 Bisa Jadi Pilihan

16 Agustus 2021 06:32 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Awak media beraktivitas dengan latar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa, 13 April 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi tertekan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sejumlah sentimen akan turut mengiringi perdagangan hari ini, Senin, 16 Agustus 2021.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya mengatakan, perkembangan pergerakan IHSG dalam pekan pendek yang akan dilalui IHSG terlihat berpotensi masih berkutat dalam rentang konsolidasi wajar.

Secara teknikal, kata dia, IHSG akan bergerak pada rentang 5.996 – 6.198. Menurutnya, beberapa rilis data perekonomian seperti nota keuangan dan suku bunga Bank Indonesia (BI) akan turut memengaruhi gerak indeks.

“Hal ini sedikit banyak akan memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG dalam pekan pendek ini, sehingga IHSG berpotensi tertekan dalam posisi hari kejepit,” ujarnya melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Senin, 16 Agustus 2021.

Dengan analisis tersebut, William turut membagikan sejumlah rekomendasi saham yang menurutnya layak untuk disimak oleh para investor. Di antaranya HMSP, BBCA, ICBP, TLKM, UNVR, JSMR, BBNI, BBRI, INDF, dan ASII.

Sebelumnya, IHSG bergerak fluktuatif namun ditutup pada posisi cenderung stagnan pada level 6.139,49 pada akhir sesi perdagangan Jumat, 13 Agustus 2021. Pada saat itu, terdapat 198 saham menguat, 319 saham terkoreksi, dan 141 lainnya ditutup tanpa mengalami perubahan harga.

Berita Terkait