IHSG Rawan Tertekan Akibat Aksi Profit Taking, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

18 Agustus 2021 06:36 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Karyawan melintas di depan layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin, 21 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali terkoreksi pada perdagangan Rabu, 18 Agustus 2021. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh sejumlah sentimen dari dalam maupun luar negeri.

Pengamat pasar modal MNC Asset Management, Edwin Sebayang mengatakan bahwa IHSG berpeluang dilanda tekanan jual kembali alias kembali turun pada perdagangan hari ini. Secara teknikal, indeks akan bergerak pada rentang 6.044 – 6.136.

Menurut dia, potensi pelemahan pasar modal domestik seiring dengan jatuhnya indeks DJIA sebesar 0,48% serta EIDO sekitar 0,24% pada perdagangan sebelumnya. Selain itu, turunnya beberapa harga komoditas seperti minyak, batu bara dan nikel dapat menjadi katalis negatif.

“Kasus kematian baru akibat COVID-19 per harinya di Indonesia juga masih lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain. Bahkan, sudah masuk 4 minggu Indonesia terus menduduki posisi nomor satu tertinggi didunia,” ujar Edwin melalui riset hariannya, Rabu, 18 Agustus 2021.

Dengan analisisnya itu, ia memiliki menu-menu saham unggulan yang layak dicermati dan dapat menjadi pertimbangan investor. Di antaranya ITMG, ACES, SMGR, BBKP, INDF, HRUM, ASII, ICBP, TLKM, serta BBRI.

Setelah selama 2 hari sebelum libur Kemerdekaan Indonesia, IHSG turun sebesar 51,74 poin atau setara 0,84%. Indeks komposit, ditutup pada level 6.087,91 pada akhir sesi perdagangan Senin, 16 Agustus 2021.

Berita Terkait