IHSG Potensi Lanjutkan Bullish, Simak Rekomendasi Saham dari MNC dan Reliance

23 Agustus 2021 07:51 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Karyawan melintas dengan latar belakang layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jum’at, 6 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan Senin, 23 Agustus 2021. Beberapa sentimen dari dalam dan luar negeri juga akan membayangi pergerakan indeks awal pekan ini.

Pengamat Pasar Modal MNC Asset Management, Edwin Sebayang mengatakan IHSG berpeluang melanjutkan penguatan terbatas merujuk menguatnya indeks EIDO sebesar 1,61% serta naiknya indeks DJIA sebesar 0,65%.

“Setelah selama seminggu lalu IHSG turun sebesar 1,77% tetapi disertai jual bersih asing (net buy) sebesar Rp2,34 triliun, pada awal minggu ini, Senin, ada peluang IHSG melanjutkan penguatan terbatas,” ujar Edwin dalam riset hariannya, Senin, 23 Agustus 2021.

Sementara itu, kata dia, para pelaku pasar akan waspada terhadap potensi penurunan kembali beberapa harga komoditas seperti timah minyak, batu bara, dan emas. Menurutnya, hal ini dapat memengaruhi kinerja saham-saham komoditas tersebut.

Dengan analisis tersebut, ia merekomendasikan beli saham ISAT, TBIG, SMGR, KLBF, BBTN, EXCL, ACES, AKRA, BBRI, dan ESSA. Di sisi lain, beberapa saham yang direkomendasikan jual adalah TINS, MEDC, ELSA, ADRO, PTBA, ITMG, serta HRUM.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi menyebut IHSG rebound tepat pada level support moving average (MA) 200 hari yang berada di kisaran 5.993. Baginya, ini indikasi pergerakan cukup positif selama indeks kuat di atas level MA200.

Ia memaparkan, indikator stochastic dan RSI bergerak terkonsolidasi pada area dekat oversold. Sedangkan, pergerakan melemah masih terlihat pada indikator MACD dengan signal line dan histogram yang bergerak menekan pada zona negatif. 

“Secara teknikal, IHSG berpotensi mencoba melanjutkan penguatannya pascamemberikan sinyal rebound pada support MA200 dengan rentang pergerakan 5.993 – 6.066,” tutur Lanjar.

Ia juga tak lupa membagikan sejumlah menu-menu saham unggulan yang menurutnya layak untuk dicermati oleh para investor. Di antaranya ADRO, AGII, ANTM, BBRI, ESSA, HRUM, LPKR, MEDC, TINS, dan TOWR.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 0,64% ke level 6.030,77 pada akhir perdagangan Jumat, 20 Agustus 2021. Pada saat itu, saham EMTK, AGRO, BBRI, TBIG dan BRIS yang menjadi pemimpin penguatan indeks di akhir pekan. 

Indeks sektor infrastruktur, konsumer nonprime, dan kesehatan memimpin penguatan indeks sektoral. Investor turut menyambut positif pada devisit transaksi berjalan yang melebar pada kuartal kedua tahun 2021 yang menjadi sinyal aktivitas perdagangan yang mulai membaik. 

Berita Terkait