IHSG Lanjut Reli di Penghujung Agustus, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

31 Agustus 2021 08:36 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Rizky C. Septania

Ilustrasi pergerakan harga saham.

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan reli pada perdagangan Selasa, 31 Agustus 2021. Berbagai indikator turut mengonfirmasi penguatan pergerakan indeks komposit pada akhir bulan ini.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya menyebut kenaikan yang terjadi dalam pola gerak IHSG masih bersifat teknikal rebound. Ia memperkirakan indeks akan bergerak pada rentang 5.969 hingga 6.202.

Menurutnya, IHSG telah berhasil menggeser rentang konsolidasi ke arah yang lebih baik. Namun, belum kunjung adanya capital inflow yang melaju signifikan ke pasar modal cukup dinilai menjadi tantangan untuk dapat mendongkrak kenaikan indeks.

“Hari ini IHSG berpotensi bergerak menguat terbatas,” ujar William melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Selasa, 31 Agustus 2021.

Ia juga tak lupa membagikan menu-menu saham yang menurutnya layak untuk disimak sekaligus dapat menjadi pertimbangan para pelaku pasar. Beberapa saham tersebut di antaranya BBNI, ASII, UNVR, ITMG, AALI, ICBP, TBIG, dan ASRI.

Sementara itu, Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi mengatakan pergerakan optimistis dengan konfirmasi rebound pada level support MA200 mewarnai pola teknikal IHSG di awal pekan. IHSG kembali terpantau kuat di atas level rata-rata 20 hingga 50 harinnya. 

“Sehingga arah pergerakan kembali optimis dengan trend yang positif menuju resistance selanjutnya. Meskipun demikian pergerakan momentum cenderung menekan di area dekat overbought,” imbuhnya.

Lanjar menyatakan indikator MACD bergerak terkonsolidasi pada area middle dengan histogram yang beranjak ke zona positif memberikan indikasi dorongan penguatan lanjutan. Sehingga, secara teknikal IHSG diperkirakan bergerak kembali menguat pada perdagangan hari ini.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 1,71% menuju level 6.144,90 pada akhir sesi perdagangan Senin, 31 Agustus 2021 dengan sektor industri, insfrastruktur, dan material dasar yang memimpin penguatan indeks sektoral.

Pada perdagangan itu, investor asing melakukan aksi beli bersih (net buy) sebesar Rp567,58 miliar dengan jajaran saham seperti ASII, BBRI, INKP, TLKM dan ICBP yang paling banyak dilego asing. Kekhawatiran taper tantrum mulai reda usai the Fed menyatakan akan melakukannya dengan hati-hati dan bertahap.

Berita Terkait