IHSG Konsolidasi Usai Iduladha, Rekomendasi Saham INDF, ALII, dan ROTI

21 Juli 2021 05:22 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Amirudin Zuhri

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun hingga 5% pada Senin, 30 Maret 2020 pukul 10.20 waktu JATS sehingga perdagangan saham dibekukan sementara atau trading halt. / Antara Foto

JAKARTA – Di tengah suasana Iduladha, pasar modal Indonesia masih tampak berada dalam tekanan. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi belum mampu keluar dari rentang konsolidasi wajar pada perdagangan Rabu, 21 Juli 2021.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyebut beberapa indikasi yang membuat asumsi indeks domestik belum mampu melesat. Secara teknikal, IHSG berada pada support resistance 5.913 – 6.123.

Capital inflow belum terlihat akan bertumbuh signifikan, ditambah dengan kondisi masih melambatnya perputaran roda perekonomian,” ujarnya melalui riset harian yang diterima Trenasia.com, Rabu, 21 Juli 2021.

Kendati begitu, ia melihat momentum tekanan IHSG ini masih dapat dimanfaatkan oleh para investor. Pasalnya, pergerakan indeks yang fluktuatif dapat dimanfaatkan untuk melakukan trading ataupun investasi jangka pendek.

Dengan kondisi tersebut, ia merekomendasikan sejumlah saham yang menurutnya layak untuk disimak dan menjadi pertimbangan para investor. Di antaranya TLKM, AKRA, INDF, AALI, ITMG, WIKA, serta ROTI.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah 0,91% menuju level 6017,39 pada akhir sesi perdagangan Senin, 19 Juli 2021. Dalam sehari, terdapat 167 saham menguat, 329 saham terkoreksi, dan 144 saham lainnya ditutup tanpa mengalami perubahan harga.

Sementara itu, Bursa Asia berpotensi memulai pekan ini dengan cukup berat di tengah kekhawatiran tentang percepatan inflasi dan minyak akan menjadi fokus setelah OPEC dan sekutunya mencapai kesepakatan untuk meningkatkan pasokan global. 

Berita Terkait