IHSG Bullish? Cermati Dulu Rekomendasi Saham 2 Analis Ini..

12 Agustus 2021 07:29 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Pewarta mengambil gambar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jum’at, 20 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan berada di fase konsolidasi. Namun, peluang indeks komposit mengalami bullish sangat terbuka lebar pada perdagangan hari ini, Kamis, 12 Agustus 2021.

Analis PT Samuel Sekuritas Indonesia, William Mamudi menyatakan bahwa antisipasi rebound dan uptrend pada pasar modal Indonesia masih akan berlanjut. Ia bilang, IHSG akan mengalami throwback market dengan kembali menguji uptrend line.

“IHSG (6.088) throwback market, kembali uji uptrend line,” ujar dia melalui riset hariannya, Kamis, 12 Agustus 2021.

Berdasarkan gambaran tersebut, ia merekomendasikan sejumlah saham yang menurutnya menarik untuk di simak, seperti HOKI, ACES, BBCA dengan rating trading buy. Sementara itu, saham TBIG dengan rating trading sell.

Sebaliknya, Kepala Riset PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi justru memprediksi IHSG berpotensi kembali tertekan dengan support resistance 6.051 – 6.135. 

Menurutnya, momentum bearish terbentuk pasca dead-cross pada area oversold indikator stochastic dengan pelemahan pergerakan histogram yang mengonfirmasi cross over negatif pada indikator MACD.

Sedangkan, pergerakan IHSG break out MA20 hari dan mampu bertahan pada MA50 hari secara teknikal. IHSG menguji support bullish tren jangka menengah yang berada pada kisaran MA50 pada level 6.057 sebagai konfirmasi mempertahankan posisi di atas level psikologis 6.000. 

“Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya ADRO, AGII, AKRA, ANTM, BNGA, ESSA, INCO, LSIP, TINS, TOWR, dan UNTR,” imbuhnya.

Sebelumnya, IHSG melemah 0,64% menuju level 6.088,41 pada akhir sesi perdagangan Selasa, 10 Agustus 2021. Pada saat itu, saham EMTK, BUKA, BRIS, BRPT dan BBRI yang berbalik terkoreksi menjelang libur menjadi penekan pergerakan IHSG.

Berita Terkait