IHSG Berpotensi Menguat Jelang RDG BI, Panin Sekuritas Rekomendasikan 6 Saham Ini

19 Agustus 2021 07:29 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa, 27 Juli 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Kamis, 19 Agustus 2021. Para pelaku pasar disinyalir akan memperhatikan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) terkait BI Rate pada hari ini.

Analis Teknikal PT Panin Sekuritas William Hartanto menyebut IHSG masih pada posisi uptrend jika dilihat pergerakan sejak Mei 2021. Indeks juga menunjukan pola higher low, di mana level terendahnya masih lebih tinggi dari level terendah sebelumnya, sehingga berpotensi menguat pada support level 6.000.

Secara teknikal, IHSG berpotensi menguat pada support resistance 6.000 - 6.172 pada hari ini. Di samping itu, William berpendapat bahwa dampak pengumuman suku bunga acuan terhadap pasar modal tidak terlalu besar dibandingkan dengan rilis data produk domestik bruto (PDB).

“Jadi, walaupun besok hasil rapat RDG tidak sesuai sesuai ekspektasi pasar, pelemahan indeksnya tidak akan terlalu besar," ujarnya dalam acara Saham Cuan yang disiarkan langsung melalui akun Instagram @omfinchannel, Rabu, 18 Agustus 2021.

Pada saat itu, ia turut merekomendasikan beberapa saham yang menurutnya dapat menjadi pertimbangan para investor. Antara lain BRPT, ASII, PGAS, BBTN, SMRA, dan CTRA. Sementara, saham TOWR dan DOID direkomendasikan buy on weakness.

Sebelumnya, IHSG menguat 0,50% menuju level 6.118,15 pada penutupan perdagangan Rabu, 18 Agustus 2021. Dalam sehari, terdapat 213 saham naik, 304 saham terkoreksi, dan 130 saham lainnya ditutup tanpa mengalami perubahan harga.

Berita Terkait