IHSG Bergerak Terbatas, Ini Rekomendasi Saham Indosurya dan MNC Asset Management

15 September 2021 09:50 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Laila Ramdhini

Karyawan melintas di depan layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin, 21 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan bergerak dalam rentang terbatas pada perdagangan Rabu, 15 September 2021. Sejumlah sentiment akan turut membayangi pergerakan indeks hari ini.

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pola pergerakan IHSG masih menunjukkan pola konsolidasi wajar di tengah sentimen yang akan mewarnai pergerakan hari ini. Secara teknikal, indeks berada pada kisaran 5.969 – 6.202.

Ia menambahkan, jelang rilis data perekonomian pada hari ini tentang neraca perdagangan, IHSG diperkirakan masih akan berada dalam kondisi stabil. Selain daripada itu, kondisi perlambatan perekonomian juga masih akan terus memberikan pengaruh terhadap pergerakan IHSG.

“Menu-menu saham hari ini adalah TBIG, ICBP, ITMG, TLKM, UNVR, ASII, dan AKRA,” ujarnya melalui laporan riset yang diterima TrenAsia.com, Rabu, 15 September 2021.

Sementara itu, Pengamat Pasar Modal MNC Asset Management Edwin Sebayang menyatakan penguatan Indeks DJIA ternyata hanya bertahan sehari karena semalam dilanda aksi jual sehingga mengalami koreksi 0,84%.

“Walaupun data inflasi Amerika Serikat bulan Agustus sebesar 5,3% year-on-year (yoy), lebih rendah dari perkiraan awal sebesar 5,4% yoy,” tutur Edwin.

Dampaknya, penguatan IHSG pada hari ini diproyeksikan lebih rendah dari perkiraan awal, di tengah penguatan EIDO sebesar 0,70%. Selain itu, terdapat sentimen positif lain dari naiknya harga beberapa komoditas seperti minyak, emas, CPO, batu bara, dan timah.

Berdasarkan hal tersebut, ia memperkirakan indeks domestik bakal bergerak pada kisaran 6.091 hingga 6.183. Sedangkan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini diprediksi pada rentang Rp14.170 - Rp14.305.

“Rekomendasi beli hari ini antara lain SILO, MAPI, ITMG, PRDA, EXCL, PGAS, PWON, ADRO, AKRA, TBIG, serta UNTR,” tambah Edwin.

Sebelumnya, IHSG menguat 0,67% menuju level 6.129,09 pada sesi perdagangan Selasa, 14 September 2021. Para investor disinyalir melihat angka aksus COVID-19 yang mulai melambat dan penguatan besar pada sebagian bursa ekuitas global pascarentetan pelemahan yang terjadi di Wallstreet sejak pekan lalu.

Berita Terkait