IHSG Bergerak Netral, UOB Kay Hian Rekomendasikan Saham BDMN dan PTPP

23 November 2021 09:31 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Vega Aulia

Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin, 22 November 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA - UOB Kay Hian Sekuritas memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak relatif netral pada perdagangan Selasa, 23 November 2021. Hal ini mengulangi pola pergerakan indeks pada awal pekan.

"Rentang pergerakan indeks untuk hari ini diperkirakan akan berada di kisaran 6.660 - 6.785," tulis riset yang dirilis Selasa, 23 November 2021.

Sementara itu, indeks Dow Jones pada perdagangan semalam akhirnya menguat tipis 0,05% ditutup pada level 35.619,25 setelah sebelumnya sempat menguat hingga level 35.929,66.

Penguatan itu disinyalir akibat aksi beli yang dilakukan investor pada saham sektor keuangan, tertahan oleh aksi jual pada saham-saham big caps sektor teknologi yang dipicu oleh sentimen negatif menguatnya yield US Treasury.

Kenaikan yield terjadi menyusul keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang kembali menominasikan Jerome Powell sebagai Gubernur the Fed berikutnya. Sementara itu, Indeks Nasdaq ditutup melemah -1.26% karena aksi jual pada saham sektor teknologi.

"Pergerakan indeks global yang mixed dalam 2 hari perdagangan terakhir diperkirakan pengaruhnya cenderung netral terhadap indeks BEI," tambahnya.

Adapun faktor dalam negeri, investor terus mencermati perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia dan langkah antisipasi pemerintah mengatasi penyebaran virus pada libur natal dan tahun baru.

Rekomendasi Saham

BDMN – SPECULATIVE BUY
Harga ditutup menguat namun membentuk candlestick netral. Aksi beli spekulatif dapat dilakukan di level Rp2.530 dengan target keuntungan di level Rp2.650.   

PTPP – BUY
Harga ditutup menguat dan membentuk candlestick bullish. Aksi beli dapat dilakukan di level Rp1.285 dengan target keuntungan di level Rp1.360. 

Berita Terkait