IHSG Akhir Pekan Lanjut Bullish, Simak Saham CTRA, TBIG, dan RALS

April 16, 2021, 05:01 AM UTC

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terlihat masih bergerak dalam rentang konsolidasi wajar pada perdagangan Jumat, 16 April 2021. Namun, secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan pada akhir pekan ini.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi IHSG akan bergerak pada rentang 5.827 hingga 6.123 hingga sore nanti. Menurutnya, selama resistence level terdekat belum dapat ditembus, maka peluang koreksi wajar masih terbuka.

Kendati begitu, stabil dan kuatnya kondisi perekonomian Indonesia memberikan sentimen tersendiri bagi para pelaku pasar. Sehingga, ia memperkirakan IHSG berpotensi akan bergerak terkonsolidasi. 

“Jika terjadi koreksi wajar para investor masih dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek,” kata dia melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Jumat 16 April 2021.

Dengan analisisnya, William membagikan rekomendasi saham yang menurutnya layak untuk disimak. Di antaranya BBRI, TLKM, BBNI, UNVR, CTRA, KLBF, TBIG, dan BINA.

Pada kesempatan terpisah, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama justru optimistis jika IHSG akan mengalami bullish lanjutan dengan rasio fibonacci 6.027,60 – 6.167,72. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pola upward bar sehingga IHSG berpeluang menuju resistance terdekat.

“Berdasarkan indikator, MACD telah berhasil membentuk pola golden cross pada area negatif. Sementara itu, stochastic dan RSI berada di area netral,” tutur Nafan.

Melalui gambaran tersebut, ia turut merekomendasikan sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan investor. Antara lain ANTM, BMRI, JSMR, MIKA, RALS, serta WSKT.

Sebelumnya, IHSG berhasil ditutup menguat 0,48% ke level 6.079.50 pada akhir perdagangan Kamis, 15 April 2021. Dalam sehari, sebanyak 231 saham naik, 252 saham terkoreksi, dan sisanya sebanyak 162 saham berada pada posisi stagnan. (SKO)