IHSG Akhir Pekan Berpeluang Bullish, Ada 12 Rekomendasi Saham yang Layak Dipilih Hari Ini

13 Agustus 2021 07:26 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Pekerja melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (6/4/2020), dibuka dan ditutup menguat yang didorong naiknya bursa saham Asia. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak konsolidasi cenderung menguat pada perdagangan Jumat, 13 Agustus 2021. Secara teknikal, beberapa indikator menunjukkan hal berbeda pada akhir pekan ini.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi menyatakan IHSG rebound tepat pada level support bullish trendline dan Moving Average (MA) 20 hari. Hal ini memberikan indikasi yang cukup positif pada arah pergerakan selanjutnya.

Indikator stochastic dan RSI masih bergerak pada momentum bearish mengiringi pergerakan terkonsolidasi indikator MACD. Sehingga, IHSG berpeluang mencoba kembali menguat dengan pergerakan terbatas dengan support resistance 6.107 – 6.170. 

“Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal di antaranya AGII, AKRA, ANTM, ESSA, HRUM, INCO, INDF, MIKA, SMRA, TBIG, TINS, dan TOWR,” ujarnya melalui riset harian, Jumat, 13 Agustus 2021.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 0,84% ke level 6.139,65 pada akhir perdagangan Kamis, 14 Agustus 2021 di tengah melemahnya mayoritas indeks saham Asia. Pada saat itu, saham TLKM, ARTO, UNTR, BMRI dan MDKA berbalik menguat menjadi pemimpin pergerakan pada IHSG. 

Investor asing tercatat melakukan jual bersih (net sell) sebesar Rp505.57 miliar di saat indeks komposit cukup optimistis. Indeks sektor infrastruktur, industri, dan barang baku menjadi leader pada indeks sektor dengan masing-masing persentase penguatan 2,72%, 2,59%, dan 2,09%.

Berita Terkait