Ide Menu Buka Puasa Sehat di Tengah Pandemi

03 April 2022 11:11 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Ide Menu Buka Puasa Sehat di Tengah Pandemi (Freepik.com)

JAKARTA - Hari ini tepatnya tanggal 3 April 2022 umat muslim di Indonesia melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Tidak mengherankan jika banyak orang mulai mencari ide menu buka puasa dan sahur yang bisa disantap bersama keluarga.

Akan tetapi, seperti yang Anda tahu meski kini jumlah kasus COVID-19 sudah mengalami penurunan, ada baiknya jika menu makan buka puasa tetap dilengkapi dengan makanan yang menyehatkan.

Apalagi bagi penderita COVID-19 khususnya Omicron yang biasanya mengalami keluhan seperti pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk, bersin, mual-mual, nyeri otot, ruam, dan sebagainya.

Berikut beberapa menu buka puasa sehat yang cocok untuk menjaga tubuh ketika pandemi COVID-19.

Minuman Bebas Gula

Ketika puasa, Anda perlu menjaga asupan cairan di dalam tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi minuman yaitu air putih karena mampu memberikan hidrasi pada tubuh tanpa tambahan kalori dan gula tambahan.

Anda juga bisa menambah hidrasi dan menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan air seperti semangka dan jeruk. Selain segar, buah-buahan juga memberikan asupan vitamin yang dapat menjaga kesehatan.

Buah Kering

Jika Anda ingin agar gula darah tetap stabil ketika puasa, cobalah untuk mengonsumsi buah kering seperti kurma saat berbuka. Akan tetapi, jangan terlalu banyak konsumsi kurma karena kurma sendiri sudah manis dan memiliki banyak kandungan gula yang langsung bisa menjaga gula darah tubuh dan menambah energi.

Sup Ayam atau Daging

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda, apalagi saat berpuasa. Hal ini karena protein mampu memberikan energi dalam jangka waktu yang lama, sehingga Anda tetap berenergi meski tidak mengonsumsi banyak makanan seharian.

Anda bisa menambahkan protein seperti daging ayam atau daging sapi ke dalam masakan sup yang sudah berisi sayuran. Selain mendapatkan nutrisi berupa vitamin dan mineral dari sayuran, Anda juga bisa mendapatkan protein dari ayam dan daging. Kuah yang ada dari masakan sup ini juga menghangatkan tenggorokan sehingga mencegah Anda terkena batuk-batuk.

Sebaiknya, Anda menghindari makanan yang digoreng dan soda apalagi untuk menu buka puasa. Makanan yang berminyak seperti gorengan sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh. Sedangkan soda memiliki kandungan gula yang tinggi yang memicu risiko diabetes.

Berita Terkait