Idap Penyakit Saraf,  Animator Spongebob Stephen Hillenburg Meninggal Dunia

TrenAsia (TA) - JAKARTA– Pencipta animasi Spongebob SquarePants Stephen Hillenburg meninggal dunia pada usia 57 tahun. Dia deketahui mengidap penyakit saraf. Perusahaan animasi yang memegang hak siar kartun tersebut Nickelodeon telah memberikan kabar tersebut melalui akun resmi twitternya. 

“Kami sedih membagikan berita meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants,” tulis Nickelodeon melalui akun twitter resminya, Rabu (28/11).

Dalam pernyataan resmi dikutip dari BBC.CO.UK, perusahaan penyiaran itu menyebut penyebab kematian Hillenburg adalah penyakit saraf Amyotrophic lateral sclerosis atau lebih dikenal dengan singkatan ALS. Hingga ini, belum diketahui sudah berapa lama Stephen mengidap penyakit tersebut. 

Dikutip dari halosehat.com, penyakit ALS adalah penyakit saraf yang mematikan. Kondisi ini terjadi saat sistem saraf di mana sel-sel tertentu (neuron) di dalam otak dan sumsum tulang mati secara perlahan.

Sel ini mengirimkan pesan dari dalam otak dan sumsum tulang menuju otot. Masalah otot ringan muncul pada awalnya, tapi perlahan-lahan orang tersebut akan menjadi lumpuh. Beberapa orang ada yang mengalami penyakit ALS selama beberapa tahun. Pada akhirnya otot akan berhenti bekerja. Penyakit ini disebut juga penyakit Lou Gehrig, dinamakan setelah pemain bisbol terkenal meninggal karena penyakit ALS ini.

Tayang Perdana 1999

Nickelodeon mengatakan bahwa Stephen memiliki selera humor yang berbeda. Dia memberikan lelucon tentang kepolosan di karakter Spongebob. Serial animasi tersebut pertama kali tayang pada 1999. Dia menceritakan seorang spons laut yang hidup di dasar laut. Stephen Hllenburg juga merupakan seorang ahli biologi laut. 

Spongebob tayang sebanyak lebih dari 200 episode. Hillenburg juga menjadi sutradara di seluruh film Spongebob The Movie.  Film tersebut mendapatkan banyak penghargaan dan menjadi kartun favorit di Amerika Serikat. Penghargaan yang didapat diantaranya adalah Daytime Emmy Award. 

Di Indonesia, film ini terkenal pada tahun 2005. Spongebob menjadi salah satu kartun terbaik yang tayang di Indonesia pada masa itu. Spongebob tayang dengan beberapa kartun Nickelodeon yang lainnya di Global TV. Serial kartun tersebut juga sering ditayangkan ulang hingga kini di stasiun tv yang sama. 

Stephen McDannel Hillenburg lahir di Oklahama 21 Agustus 1961. Dia meninggal sat berusia 57 tahun pada Senin 26 November 2018. Mendiang Hillenburg meninggalkan istrinya yang dinikahinya selama 20 tahun, Karen Hillenburg dan seorang putra bernama Clay. ***(Nasser Panggabean)