Ibu-Ibu Wajib Tahu! Begini Cara Membersihkan Daging Agar Tak Tertular Wabah PMK

06 Juni 2022 19:40 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Rizky C. Septania

Tips Bersihkan Daging Saat Wabah PMK Merebak, Jangan Dicuci (trenasia.com)

JAKARTA - Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini mewabah di Indonesia sontak membuat banyak orang khawatir soal keamanan daging yang ada di pasaran.

Asal tahu saja, PMK merupakan penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus, penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, unta, dan termasuk hewan liar seperti gajah, antelope, bison, menjangan, dan jerapah.

PMK juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) yang disebabkan dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee epizootecae. Masa inkubasi dari penyakit ini sekitar 1-14 hari yakni masa sejak hewan tertular penyakit hingga timbul gejala penyakit.

Kementerian Pertanian mengungkapkan, penyakit ini tidak membahayakan kesehatan manusia, selama daging atau susu yang hendak dikonsumsi terlebih dahulu diolah atau dimasak dengan benar.

Maka dari itu, perlu perlakuan ekstra untuk menjaga keamanan daging sebelum dikonsumsi. Berikut ini sejumlah tips mengolah daging yang TrenAsia.com lansir dari kanal Youtube Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian.

1. Jangan Cuci Daging Jika Tidak Langsung Diolah
Daging atau jeroan yang tidak langsung dimasak tidak perlu langsung dicuci. Sebab, air yang digunakan untuk mencuci memungkinkan bakteri akan lebih mudah berkembang sehingga mempercepat pembusukan daging.

2. Rebus Daging Sebelum Dimasak
Sebaliknya, jika Anda ingin langsung memasak daging yang sudah dibeli, maka proses pencucian bisa langsung dilakukan. Setelah itu, segera rebus daging sebelum dimasak dalam air mendidih minimal 30 menit.

3. Simpan Daging di Chiller Selama 24 jam
Tips lainnya yaitu jangan menyimpan daging mentah ke dalam freezer. Daging mentah direkomendasikan untuk disimpan selama 24 jam di chiller terlebih dahulu sebelum dibekukan di dalam freezer

Ada dua manfaat menyimpan daging di chiller, yaitu daging akan lebih empuk dan cepat untuk dimasak dan kedua proses ini membantu mematikan virus PMK jika daging tercemar.

4. Jangan Buang Kemasan Daging Sembarangan

Rendam kemasan daging dengan pemutih pakaian atau cuka dapur. Hal ini bertujuan untuk mematikan virus PMK agar tidak mencemari lingkungan.

Berita Terkait