Hore, Pemprov DKI Sediakan Bus Gratis

JAKARTA-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan layanan bus gratis di sejumlah stasiun demi mengurangi kepadatan penumpang pada kereta rel listrik (KRL).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya menyediakan sebanyak 50 bus gratis yang dikirimkan ke beberapa stasiun seperti Stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede, Stasiun Bogor, dan Stasiun Depok Baru.

“Harapannya bisa membantu mengurangi beban karena penuhnya penumpang di hari Senin pagi. Dan bus sekolah gratis ini diparkirnya di depan, jadi sebelum masuk stasiun mereka bisa menggunakan bus ini,” kata Anies, Senin, 15 Juni 2020.

Selain memberikan layanan bus gratis, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta juga akan menegakkan regulasi yang mengatur shift kerja.

“Terkait dengan jam kerja. Jam kerja baik aparatur sipil negara (ASN) maupun swasta sudah dibuatkan jeda, dalam aturannya minimal dua jam. Nah, sekarang kami sepakati diubah menjadi tiga jam. Selisih antara shift satu dan shift dua itu sekurang-kurangnya tiga jam,” jelas Anies.

Menurutnya hal ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan penumpang angkutan umum massal maupun kendaraan pribadi menuju Jakarta. Selain itu, ini juga merupakan upaya untuk menjaga keselamatan pekerja maupun masyarakat.

“Jadi apapun pengaturan yang dilakukan, harap dijalani dengan baik, harap dijalankan dengan tertib dan itu untuk melindungi kita semua,” tutur Anies.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya menyampaikan dengan adanya bantuan bus gratis ini. Terdapat tiga hal yang menjadi lebih baik dibanding pekan lalu.

“Pertama karena ada bis bantuan dari Jakarta 30 dan ditambah Pemkot 10 jadi 40. Jadi relatif lebih cair. Kedua, sistem antrean yang jauh lebih baik, lebih rapih, dan tidak menumpuk. Ketiga ada data banyak penumpang yang memilih berangkat tadi malam dibanding Senin pagi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, selain membantu mengangkut penumpang KRL menuju stasiun-stasiun di Jakarta, bus sekolah gratis ini juga mengangkut penumpang dari stasiun-stasiun di Jakarta menuju Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pada hari Senin.

Tags:
angkutan umumAnies BaswedanHeadlinejakartakrlpemprov DKI JakartaStasiunTransportasi
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: