Hingga Agustus 2021, Bank Mandiri Salurkan Bantuan Subsidi Gaji Senilai Rp800 Miliar

05 September 2021 16:30 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Rizky C. Septania

Petugas edukator mendampingi nasabah mengganti kartu debit ATM yang baru menggunakan Customer Service Machine (CSM) di kantor cabang Bank Mandiri Edu-Branch, Pondok Indah Mall 1, Jakarta, Kamis, 18 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU) kepada 800 ribu pekerja/buruh dengan nilai Rp800 miliar yang dilakukan dalam dua batch penyaluran, yakni pada 11 Agustus 2021 dan 21 Agustus 2021.

Sedangkan nilai bantuan subsidi gaji/upah yang disalurkan yakni sebesar Rp1 juta per pekerja/buruh untuk periode dua bulan yaitu Agustus dan September.

Menurut Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas, saat ini pihaknya juga sedang memproses penyaluran BSU batch 3 bagi Penerima yang dilakukan pembukaan rekening baru sebanyak 324.545.

"Atas rekening tabungan baru yang telah terbentuk, selanjutnya oleh Kemenaker akan diverifikasi. Setelah itu Bank Mandiri akan menyalurkan dana BSU kepada penerima BSU yang lolos verifikasi Kemenaker,” kata Rohan dalam keterangan tertulis, Minggu 5 September 2021.

  • Gandeng Universitas Airlangga, OJK Gelar Vaksinasi Targetkan 10 Ribu Peserta
  • Mengenal Identitas Digital untuk Perlindungan Data Pribadi
  • Inspiratif! Mantan Rektor Ini Bangun Restoran untuk Edukasi Kebudayaan Jawa

    Program BSU sendiri diinisiasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dengan melibatkan beberapa institusi lainnya. Seperti BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) sebagai penyedia data penerima bantuan dan Bank Mandiri serta anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) lainnya sebagai bank penyalur. 

    Sejak diluncurkan pada pertengahan 2020, Bank Mandiri bersama Bank HIMBARA lainnya telah menyalurkan total bantuan subsidi gaji/upah kepada 10,2 juta pekerja/buruh di seluruh Indonesia dengan total nilai penyaluran bantuan sebesar Rp12,26 triliun. 

    Kemudian pada 2021, HIMBARA kembali berpartispasi dalam penyaluran Bantuan gaji/upah yang rencananya akan disalurkan kepada 8,7 juta pekerja/buruh di seluruh Indonesia dengan total nilai penyaluran bantuan sebesar Rp8,7 triliun. 

    "Sejak awal, Bank Mandiri telah menjalankan fungsi sebagai Agent of Development dan kami siap untuk terus mendorong penyaluran program bantuan kepada masyarakat, termasuk pada masa seperti saat ini," imbuhnya.

Berita Terkait