Hindari Antrean Panjang, Penumpang Pesawat Diimbau Rapid Test Antigen H-1 Keberangkatan

December 25, 2020, 05:37 PM UTC

Penulis: Ananda Astri Dianka

Calon penumpang pesawat menjalani tes cepat antigen di area Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 22 Desember 2020. Foto: Panji Asmoro/TrenAsia

JAKARTA – Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengimbau para calon penumpang pesawat untuk melakukan rapid test antigen pada H-1 sebelum keberangkatan.

Ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan antrean di bandara jelang keberangkatan. Sebagaimana diketahui, Angkasa Pura I mencatat telah terjadi antrean rapid test antigen dan proses verifikasi dokumen syarat penerbangan di sejumlah bandara.

“Kami imbau untuk melakukan tes pada H-1 sehingga proses keberangkatan pada hari penerbangan dapat lebih nyaman tanpa waktu menunggu antrean yang cukup lama,” kata Faik dalam keterangan resmi, dikutip Jumat, 25 Desember 2020.

Bagi calon penumpang, Faik mengingatkan pula untuk mengisi e-HAC di aplikasi mobile sebelum penerbangan untuk menghindari penumpukan di antrean validasi bandara tujuan. 

Untuk mengantisipasi terjadinya lagi penumpukan antrean rapid test antigen di bandara, Angkasa Pura I melakukan beberapa upaya perbaikan yaitu:

  1. Penambahan beberapa titik pemeriksaan tes COVID-19 di bandara untuk mengurai penumpukan antrean periksa dan menunggu hasil tes.
  2. Penambahan petugas bandara yang menangani antrean calon penumpang.
  3. Menyiapkan alur antrean pendaftaran tes COVID-19, antrean pembayaran, pengambilan sampel, area tunggu pengambilan hasil yang disesuaikan dengan jumlah calon penumpang yang datang.
  4. Menyiapkan kursi tambahan di area tunggu pengambilan hasil dan memberikan air mineral kepada calon penumpang yang menunggu hasil tes.
  5. Berkoordinasi dengan airlines untuk membuka layanan khusus refund dan reschedule tiket dengan syarat calon penumpang menunjukkan hasil rapid antigen.
  6. Untuk di bandara-bandara besar seperti Bandara Juanda Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sedang diupayakan untuk disiapkan layanan tes COVID-19 drive through di bandara agar konsentrasi antrean terpecah. (SKO)

Berita Terkait