Hemat Saat Pandemi, Kurangi 5 Pengeluaran Ini

12 Agustus 2021 14:05 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Makin Hemat, 5 Pengeluaran Ini Harus Dikurangi Selama Masih Pandemi (Freepik.com/Freepik)

JAKARTA - Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang besar bagi kehidupan kita. Tak hanya berdampak dari sisi kesehatan, pandemi COVID-19 juga turut menyebabkan krisis ekonomi.

Oleh karena itu, Anda harus menghemat uang selama waktu yang diselimuti ketidakpastian seperti saat pandemi ini. Berikut beberapa pengeluaran yang harus Anda kurangi saat pandemi COVID-19.

1. Membeli Makan dari Luar

Meskipun hal ini bisa mendukung bisnis lokal, jika Anda sedang dalam kondisi yang memaksa harus ekstra berhemat, membeli makan dari luar bisa Anda kurangi. Hal ini karena memasak di rumah bisa jauh lebih hemat daripada makan di luar.

Anda bisa merencanakan menu makan selama seminggu dan membeli apa yang Anda butuhkan dari toko kelontong.

2. Keanggotaan Gym

Membatalkan keanggotaan gym atau studio untuk olahraga saat fasilitas tersebut ditutup merupakan pilihan yang cerdas untuk menghemat uang selama pandemi. Anda juga tetap bisa berolahraga di rumah dengan melakukan beberapa gerakan workout yang bisa diakses di YouTube.

3. Konser

Karena bioskop, tempat konser, dan stadion ditutup maka Anda tidak akan menghabiskan penghasilan tambahan Anda untuk menonton konser band favorit atau film laris yang baru saja rilis.

Tak hanya itu, saat pandemi sekarang Anda juga dapat menemukan banyak pertunjukan live gratis oleh banyak musisi dan bisa streaming beberapa film secara gratis.

4. Biaya Langganan Layanan Streaming

Sekarang mungkin bukan waktunya untuk membatalkan langganan layanan streaming Anda. Akan tetapi, Anda mungkin terkejut saat menyadari berapa banyak biaya langganan yang harus Anda bayar padahal layanan tersebut tidak selalu Anda gunakan.

5. Pakaian

Belanja online dapat menjadi suatu kegiatan yang menggoda untuk menghabiskan waktu di rumah. Apalagi, saat Anda melihat iklan dengan diskon 30, 40 bahkan 50 persen dari merek favorit Anda.

Namun, jika Anda ingin memangkas pengeluaran dari anggaran Anda, hindari berbelanja pakaian baru sekarang. Apalagi dengan adanya kebijakan PPKM dan bekerja dari rumah seperti sekarang, tentu tidak membuat Anda harus memiliki baju baru setiap bulannya.

Berita Terkait